site stats Beni Telah Mengembangbiakkan Pohon Mangga Satu Dengan Cara | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Beni Telah Mengembangbiakkan Pohon Mangga Satu Dengan Cara

Beni Telah Mengembangbiakkan Pohon Mangga Satu Dengan Cara

Cara Beni Mengembangbiakkan Pohon Mangga

Pendahuluan

Pohon mangga adalah salah satu tanaman buah yang populer di Indonesia. Rasanya yang manis, serta tekstur daging buahnya yang lembut membuat mangga menjadi favorit banyak orang. Selain itu, tanaman mangga juga sangat mudah untuk ditanam dan dijaga. Beni, seorang petani di desa setempat, telah berhasil mengembangbiakkan pohon mangga dengan cara yang unik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cara Beni mengembangbiakkan pohon mangga dengan metode yang berhasil.

Metode Beni dalam Mengembangbiakkan Pohon Mangga

Beni menggunakan metode cangkok dalam mengembangbiakkan pohon mangga. Cangkok adalah salah satu teknik perbanyakan tanaman yang populer dan efektif. Metode ini dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih tanaman menjadi satu. Beni memilih metode cangkok karena dapat menghasilkan tanaman yang memiliki sifat dan karakteristik yang sama dengan tanaman induknya. Selain itu, metode cangkok juga memungkinkan Beni untuk menghasilkan tanaman yang siap berbuah lebih cepat dibandingkan dengan metode perbanyakan lainnya.

Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu de
Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu de

Pertama, Beni memilih pohon mangga yang akan dijadikan sebagai tanaman induk. Pohon mangga yang dipilih harus memiliki karakteristik yang baik, seperti produktivitas buah yang tinggi, kekuatan tahan terhadap penyakit, dan pertumbuhan yang baik. Setelah itu, Beni melakukan pemangkasan pada pohon mangga tersebut untuk memudahkan proses cangkok.

Selanjutnya, Beni melakukan pemangkasan pada cabang pohon mangga yang dipilih sebagai tanaman induk. Pemangkasan dilakukan dengan menggunakan pisau yang telah disterilkan. Beni memotong cabang tersebut dengan ukuran sekitar 10 hingga 15 cm. Setelah itu, Beni membersihkan cabang tersebut dari daun-daun yang ada di sekitarnya.

Setelah cabang dipotong dan dibersihkan, Beni melakukan sayatan pada cabang tersebut. Sayatan dilakukan pada bagian batang dengan panjang sekitar 2 cm. Sayatan ini akan menjadi tempat bagi cabang yang akan dicangkokkan. Beni memastikan bahwa sayatan ini cukup dalam untuk memudahkan penyambungan antara cabang dan tanaman induk.

Kemudian, Beni mengambil cabang pohon mangga yang ingin diperbanyak. Cabang ini harus memiliki ukuran yang serupa dengan ukuran sayatan pada tanaman induk. Beni juga melakukan sayatan pada batang cabang tersebut dengan panjang sekitar 2 cm. Setelah itu, Beni memasukkan cabang tersebut ke dalam sayatan pada tanaman induk. Cabang yang dimasukkan harus berada pada kedalaman yang sama dengan sayatan pada tanaman induk. Beni memastikan bahwa cabang tersebut terhubung dengan baik dengan tanaman induk.

Setelah proses penyambungan selesai, Beni mengikat cabang yang telah dicangkokkan dengan menggunakan plastik atau tali rafia yang kuat. Pengikatan ini bertujuan untuk menjaga agar cabang tetap terhubung dengan tanaman induk. Plastik atau tali rafia yang digunakan harus cukup longgar agar tidak mengganggu pertumbuhan cabang.

Setelah beberapa minggu, Beni melihat pertumbuhan pada cabang yang telah dicangkokkan. Beni melakukan pemotongan pada cabang tersebut untuk mempercepat pertumbuhan dan memastikan bahwa cabang tersebut dapat berkembang dengan baik. Selain itu, Beni juga melakukan pemangkasan pada tanaman induk untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan antara cabang yang dicangkokkan dan tanaman induk.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara Beni mengembangbiakkan pohon mangga dengan metode cangkok. Metode ini sangat efektif dalam menghasilkan tanaman mangga yang memiliki karakteristik yang sama dengan tanaman induknya. Metode cangkok ini juga memungkinkan Beni untuk menghasilkan tanaman mangga yang siap berbuah lebih cepat dibandingkan dengan metode perbanyakan lainnya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda juga dapat mencoba mengembangbiakkan pohon mangga dengan metode cangkok. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment