site stats Cara Buat Stylus Dari Cotton Bud | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Buat Stylus Dari Cotton Bud

Cara Buat Stylus Dari Cotton Bud

Cara Buat Stylus Dari Cotton Bud

Apa itu Stylus?

CARA MEMBUAT STYLUS PEN DARI BUNGKUS ROYCO DAN COTTON BUD  TUTORIAL DIY
CARA MEMBUAT STYLUS PEN DARI BUNGKUS ROYCO DAN COTTON BUD TUTORIAL DIY

Seiring perkembangan teknologi, gadget seperti smartphone dan tablet semakin banyak digunakan oleh banyak orang. Salah satu alasan mengapa gadget ini begitu populer adalah karena kemudahan dalam penggunaannya. Namun, ada beberapa situasi di mana penggunaan tangan mungkin tidak praktis. Misalnya, saat Anda sedang menggunakan perangkat di tempat yang kotor atau dengan tangan yang basah. Untuk mengatasi masalah ini, diperkenalkanlah alat bernama stylus.

Stylus adalah alat yang biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam yang digunakan untuk menggantikan penggunaan jari dalam mengoperasikan perangkat elektronik layar sentuh. Dengan menggunakan stylus, pengguna dapat dengan mudah menggambar, menulis, dan mengoperasikan perangkat dengan presisi yang lebih tinggi. Namun, tidak semua orang memiliki akses atau mampu membeli stylus. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat stylus sederhana menggunakan cotton bud atau kapas keling.

Langkah 1: Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat stylus dari cotton bud, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang perlu Anda persiapkan:

Cotton bud atau kapas keling
Pisau cutter atau gunting
Isolasi listrik atau selotip
Pensil atau pulpen
Aluminium foil atau bahan pengganti yang bisa menghantarkan listrik

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Membuat Ujung Stylus

Langkah pertama dalam membuat stylus dari cotton bud adalah membuat ujung stylus. Caranya adalah dengan memotong salah satu ujung cotton bud menggunakan pisau cutter atau gunting. Pastikan Anda memotongnya dengan presisi agar hasilnya rapi dan sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memotong ujung cotton bud, ambil isolasi listrik atau selotip dan bungkus ujung yang sudah dipotong tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat ujung stylus menjadi lebih padat dan stabil. Pastikan isolasi listrik atau selotip tersebut terpasang dengan rapat untuk menghindari terlepasnya ujung stylus saat penggunaan.

Langkah 3: Menambahkan Bahan Penghantar Listrik

Selanjutnya, ambil pensil atau pulpen dan pisahkan bagian gagangnya. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menggunakan bagian ujung yang terbuat dari bahan penghantar listrik, seperti grafit. Jika menggunakan pulpen, Anda dapat memotong bagian ujungnya menggunakan pisau cutter atau gunting.

Selanjutnya, tempelkan bahan penghantar listrik yang sudah Anda pisahkan tadi ke bagian ujung cotton bud yang sudah dibungkus isolasi listrik atau selotip. Pastikan bahan penghantar listrik tersebut terpasang dengan rapat agar stylus dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak memiliki pensil atau pulpen, Anda dapat menggunakan aluminium foil atau bahan pengganti yang memiliki sifat menghantarkan listrik.

Setelah menambahkan bahan penghantar listrik, pastikan semuanya terpasang dengan rapat dan stabil. Jika perlu, Anda dapat menambahkan lapisan isolasi listrik atau selotip tambahan untuk memperkuat dan melindungi hasil karya Anda.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah berhasil membuat stylus sederhana dari cotton bud. Dengan menggunakan stylus ini, Anda dapat dengan mudah menggambar, menulis, dan mengoperasikan perangkat elektronik layar sentuh dengan lebih presisi. Meskipun stylus ini mungkin tidak sebaik atau seakurat stylus yang dibeli, namun tetap dapat membantu Anda dalam situasi-situasi tertentu. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment