site stats Cara Buka Jok Vario 125 | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Buka Jok Vario 125

Cara Buka Jok Vario 125

Cara Buka Jok Vario 125

Apakah Anda memiliki sepeda motor Honda Vario 125? Jika iya, pasti Anda tahu bahwa pada beberapa situasi tertentu, seperti ketika hendak membersihkan atau mengganti busa jok, Anda harus membuka jok motor terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terdengar sulit atau membingungkan. Namun, sebenarnya membuka jok Vario 125 tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuka jok Vario 125 dengan mudah dan aman.

BEGINI CARA BUKA JOK VARIO
BEGINI CARA BUKA JOK VARIO

Langkah Pertama: Persiapan Alat dan Bahan
Sebelum memulai proses membuka jok Vario 125, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang diperlukan antara lain: obeng (+ dan -), kunci pas 10 mm, kunci ring 10 mm, dan kunci L 10 mm. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kain bersih, pembersih jok, busa jok yang baru (jika ingin mengganti), dan pelumas silikon.

Langkah Kedua: Melepaskan Kunci Kontak dan Baterai
Sebelum memulai proses membuka jok Vario 125, ada baiknya Anda melepaskan kunci kontak dan melepas kabel negatif baterai terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting atau kecelakaan listrik yang mungkin terjadi selama proses membuka jok.

Langkah Ketiga: Membuka Jok Belakang
Langkah pertama dalam membuka jok Vario 125 adalah melepas jok bagian belakang. Untuk melakukannya, caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu membuka jok bagian bawah dengan menggunakan obeng plus (+). Setelah itu, lepaskan baut yang mengikat jok dengan menggunakan kunci pas 10 mm. Ketika semua baut telah dilepas, angkat jok bagian belakang dengan hati-hati hingga benar-benar terlepas. Setelah jok terlepas, Anda dapat membersihkan atau mengganti busa jok dengan yang baru jika diperlukan.

Langkah Keempat: Membuka Jok Depan
Setelah jok bagian belakang terlepas, langkah selanjutnya adalah membuka jok bagian depan. Caranya hampir sama dengan membuka jok bagian belakang. Anda perlu membuka jok bagian bawah dengan menggunakan obeng plus (+) terlebih dahulu. Setelah itu, lepaskan baut yang mengikat jok dengan menggunakan kunci pas 10 mm. Kemudian, angkat jok bagian depan dengan hati-hati hingga benar-benar terlepas. Biasanya, pada bagian depan jok terdapat beberapa kabel yang terhubung dengan motor. Pastikan untuk melepas kabel-kabel tersebut dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan.

Langkah Kelima: Membersihkan atau Mengganti Busa Jok
Setelah Anda berhasil membuka jok Vario 125, Anda dapat membersihkan jok dengan menggunakan pembersih jok dan kain bersih. Jika busa jok sudah rusak atau tidak nyaman, Anda juga dapat menggantinya dengan yang baru. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melepas busa jok yang sudah ada dan menggantinya dengan busa jok yang baru. Pastikan busa jok baru dipasang dengan rapat dan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Langkah Terakhir: Memasang Kembali Jok
Setelah selesai membersihkan atau mengganti busa jok, langkah terakhir adalah memasang kembali jok Vario 125. Caranya hampir sama dengan langkah sebelumnya, hanya saja dilakukan secara terbalik. Pastikan jok terpasang dengan rapat dan baut-baut pengikat sudah kencang. Setelah itu, pasang kembali kabel negatif baterai dan kunci kontak. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda mulai mengendarai sepeda motor kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuka jok Vario 125 dengan mudah dan aman. Namun, jika Anda masih merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya Anda meminta bantuan dari mekanik profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih dalam dalam hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pemilik sepeda motor Honda Vario 125. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment