site stats Cara Cek Ptc Relay Kulkas | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Cek Ptc Relay Kulkas

Cara Cek Ptc Relay Kulkas

Cara Cek PTC Relay pada Kulkas untuk Mengatasi Masalah Kerusakan

Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utama kulkas adalah untuk menjaga makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama. Namun, seperti halnya peralatan elektronik lainnya, kulkas juga dapat mengalami masalah kerusakan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas adalah kerusakan pada PTC relay. PTC relay adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada kulkas. Jika PTC relay mengalami kerusakan, kulkas tidak akan dapat bekerja dengan baik dan dapat mengakibatkan makanan di dalamnya menjadi rusak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek PTC relay pada kulkas.

Pengertian PTC Relay pada Kulkas

Cara Mengukur PTC Relay Kulkas - Cek PTC Relay Kulkas - YouTube
Cara Mengukur PTC Relay Kulkas – Cek PTC Relay Kulkas – YouTube

PTC relay pada kulkas adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu pada kulkas. PTC relay bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik ke kompresor kulkas. Ketika suhu di dalam kulkas mencapai suhu yang diinginkan, PTC relay akan memutuskan arus listrik yang menuju kompresor. Sebaliknya, jika suhu di dalam kulkas terlalu tinggi, PTC relay akan mengalirkan arus listrik ke kompresor untuk menurunkan suhu di dalam kulkas.

Penyebab PTC Relay Rusak pada Kulkas

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada PTC relay kulkas, antara lain:

1. Usia kulkas yang sudah tua. Semakin tua kulkas, semakin rentan pula PTC relay mengalami kerusakan.

2. Terjadi korsleting atau hubungan pendek pada kabel PTC relay. Hal ini dapat terjadi akibat kabel yang longgar atau rusak.

3. Terjadi gangguan pada sumber daya listrik. Jika kulkas sering mengalami lonjakan atau pemadaman listrik yang tidak terduga, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada PTC relay.

Cara Cek PTC Relay pada Kulkas

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan cek PTC relay pada kulkas:

1. Pastikan kulkas dalam keadaan mati. Cabut kabel listrik dari stopkontak untuk mencegah terjadinya kejutan listrik.

2. Lepas penutup belakang kulkas untuk mengakses komponen PTC relay. Biasanya PTC relay terletak di sebelah kompresor.

3. Perhatikan kondisi PTC relay. Jika terdapat tanda-tanda kerusakan seperti kabel terlepas atau ada bagian yang terbakar, kemungkinan besar PTC relay mengalami kerusakan.

4. Gunakan multimeter untuk melakukan pengukuran resistansi pada PTC relay. Pasang multimeter pada mode ohm dan sambungkan probe positif dan negatif pada kaki relay. Jika resistansi yang terbaca kurang dari 1 ohm atau tidak terbaca sama sekali, artinya PTC relay sudah rusak dan perlu diganti.

5. Jika PTC relay dalam kondisi baik, periksa juga kondisi kabel yang terhubung ke PTC relay. Pastikan tidak ada kerusakan pada kabel seperti kabel yang terkelupas atau ada bagian yang terbakar. Jika terdapat kerusakan pada kabel, segera ganti dengan kabel yang baru.

6. Pasang kembali penutup belakang kulkas dan colokkan kabel listrik ke stopkontak.

Dengan mengetahui cara cek PTC relay pada kulkas, kita dapat dengan mudah mengatasi masalah kerusakan yang terjadi. Jika PTC relay mengalami kerusakan, segera ganti dengan PTC relay yang baru agar kulkas dapat kembali berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan perawatan rutin pada kulkas seperti membersihkan debu pada kipas dan kompresor serta menjaga suhu kulkas agar tetap stabil. Dengan melakukan perawatan yang baik, umur kulkas dapat lebih panjang dan makanan di dalamnya akan tetap segar dan tahan lama.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment