site stats Cara Flash Andromax C3si Dengan Flashtool | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Flash Andromax C3si Dengan Flashtool

Cara Flash Andromax C3si Dengan Flashtool

Cara Flash Andromax C3si dengan Flashtool

Andromax C3si adalah salah satu smartphone Android yang masih banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia. Namun, seperti halnya dengan perangkat elektronik lainnya, ada kalanya Andromax C3si mengalami beberapa masalah yang memerlukan flashing untuk memperbaikinya. Flashing adalah proses menginstal ulang firmware pada perangkat, yang dapat membantu mengatasi masalah seperti bootloop, hang, atau error sistem lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan flashing Andromax C3si dengan menggunakan Flashtool.

Langkah Pertama: Persiapan

Cara Flash Andromax CSi (NC6BG) via QFIL di PC (Tested)
Cara Flash Andromax CSi (NC6BG) via QFIL di PC (Tested)

Sebelum memulai proses flashing, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Pertama, pastikan Anda memiliki komputer atau laptop yang terhubung dengan internet. Selain itu, pastikan juga sudah mengunduh dan menginstal Flashtool terbaru di perangkat Anda. Kemudian, cari firmware yang sesuai dengan tipe Andromax C3si Anda dan unduh di situs resmi Smartfren.

Setelah itu, pastikan baterai Andromax C3si Anda memiliki daya yang cukup. Sebaiknya, biarkan baterai terisi penuh sebelum melakukan flashing. Jangan lupa untuk membuat salinan cadangan semua data yang penting, karena proses flashing akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda.

Langkah Kedua: Ekstrak Firmware

Setelah Anda mengunduh firmware yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file firmware tersebut. Caranya, buka file firmware yang sudah Anda unduh menggunakan aplikasi pengompresi seperti WinRAR atau 7-Zip. Setelah berhasil diekstrak, Anda akan melihat beberapa file di dalamnya, termasuk file dengan ekstensi .xml dan .img. Ingatlah lokasi folder tempat Anda mengekstrak file firmware ini, karena Anda akan membutuhkannya dalam langkah selanjutnya.

Langkah Ketiga: Buka Flashtool

Setelah firmware diekstrak, langkah berikutnya adalah membuka Flashtool pada komputer Anda. Cari ikon Flashtool di desktop atau cari aplikasi Flashtool di menu Start. Setelah menemukannya, klik dua kali ikon Flashtool untuk membukanya.

Setelah Flashtool terbuka, Anda akan melihat tampilan antarmuka Flashtool yang cukup sederhana. Di bagian atas antarmuka, ada beberapa tab seperti Download, Format, Firmware Upgrade, dan sebagainya. Anda akan menggunakan tab Download untuk melakukan flashing Andromax C3si.

Langkah Keempat: Pilih Scatter-loading

Setelah memilih tab Download, langkah selanjutnya adalah memilih file scatter-loading untuk firmware Andromax C3si. Klik tombol Choose atau Browse di samping kolom Scatter-loading untuk mencari file scatter-loading yang ada di folder firmware yang sudah Anda ekstrak sebelumnya.

Setelah menemukan file scatter-loading, klik Open untuk memuat file tersebut ke Flashtool. File scatter-loading ini akan memberitahu Flashtool tentang letak dan jenis partisi di dalam firmware Andromax C3si.

Langkah Kelima: Hubungkan Andromax C3si ke Komputer

Setelah memilih file scatter-loading, langkah berikutnya adalah menghubungkan Andromax C3si Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan Andromax C3si dalam keadaan mati sebelum menghubungkannya ke komputer. Setelah terhubung, Flashtool akan mendeteksi perangkat Anda dan mengenali Andromax C3si sebagai perangkat yang terhubung.

Setelah perangkat terbaca oleh Flashtool, Anda akan melihat beberapa kotak centang di antarmuka Flashtool. Pastikan hanya kotak centang di samping Download yang terpilih, dan pastikan juga semua opsi di bawahnya belum ada yang berubah.

Langkah Keenam: Mulai Proses Flashing

Setelah semua persiapan selesai, langkah terakhir adalah memulai proses flashing Andromax C3si dengan Flashtool. Klik tombol Download di antarmuka Flashtool untuk memulai proses flashing.

Flashtool akan mulai memproses firmware yang sudah Anda ekstrak sebelumnya dan menginstalnya ke Andromax C3si. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, jadi pastikan perangkat tetap terhubung dan jangan mencabut kabel USB saat proses berlangsung.

Setelah proses flashing selesai, Anda akan melihat pesan Download OK atau Flashing completed di antarmuka Flashtool. Saat itulah Anda dapat mencabut Andromax C3si dari komputer dan menyalakannya. Perangkat Anda sekarang sudah berhasil di-flash dengan firmware yang baru.

Penutup

Itulah cara melakukan flashing Andromax C3si dengan menggunakan Flashtool. Proses flashing ini dapat membantu memperbaiki masalah pada Andromax C3si Anda, seperti bootloop atau hang. Namun, perlu diingat bahwa proses flashing dapat berisiko, jadi pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan teliti. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan flashing, sebaiknya minta bantuan dari ahli atau service center resmi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk melakukan flashing Andromax C3si.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment