site stats Cara Flashing Andromax R Lewat Pc | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Flashing Andromax R Lewat Pc

Cara Flashing Andromax R Lewat Pc

Cara Flashing Andromax R Lewat PC

Andromax R merupakan salah satu smartphone keluaran Smartfren yang banyak diminati oleh pengguna di Indonesia. Namun, seperti halnya dengan smartphone lainnya, mungkin saja Andromax R mengalami beberapa masalah teknis seperti bootloop, hang, atau mungkin ingin melakukan upgrade sistem operasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah dengan melakukan flashing atau menginstal ulang sistem operasi pada Andromax R.

Tutorial Flash Andromax R (IDG) via PC - YouTube
Tutorial Flash Andromax R (IDG) via PC – YouTube

Flashing merupakan proses menginstal ulang sistem operasi pada smartphone untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Dalam hal ini, kita akan membahas cara untuk melakukan flashing Andromax R lewat PC. Namun, perlu diingat bahwa melakukan flashing berarti menghapus semua data yang ada di smartphone, jadi pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum memulai proses ini.

Sebelum memulai flashing, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan PC Anda terhubung dengan internet untuk mendownload semua file yang dibutuhkan. Kedua, pastikan baterai Andromax R Anda terisi penuh atau minimal 50 persen, agar proses flashing dapat berjalan lancar. Ketiga, pastikan Anda telah mengunduh semua file yang diperlukan, seperti firmware untuk Andromax R dan perangkat lunak flash tool seperti SP Flash Tool.

Setelah semua persiapan dilakukan, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan flashing Andromax R lewat PC:

Langkah 1: Ekstrak Firmware
Pertama, ekstrak file firmware yang sudah Anda unduh sebelumnya. Biasanya file tersebut berformat ZIP atau RAR. Setelah diekstrak, Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi seperti .bin atau .img.

Langkah 2: Instal Driver USB
Pastikan Anda telah menginstal driver USB yang diperlukan pada PC Anda. Driver USB ini berguna agar PC dapat terhubung dengan Andromax R secara langsung. Anda dapat mengunduh driver USB dari situs resmi Smartfren atau dengan mencari di internet.

Langkah 3: Buka SP Flash Tool
Buka perangkat lunak flash tool seperti SP Flash Tool yang sudah Anda unduh sebelumnya. Setelah dibuka, Anda akan melihat antarmuka pengguna yang cukup sederhana.

Langkah 4: Pilih Scatter-loading
Pada antarmuka SP Flash Tool, klik pada opsi Scatter-loading dan cari file scatter yang ada di dalam folder firmware yang sudah Anda ekstrak sebelumnya. Setelah memilih file scatter, SP Flash Tool akan memuat daftar file yang ada dalam firmware.

Langkah 5: Pilih Firmware
Setelah daftar file muncul, centang semua file kecuali file preloader. Preloader adalah file yang berfungsi untuk memulai sistem operasi pada Andromax R, jadi jangan centang file tersebut agar tidak mengalami masalah pada smartphone.

Langkah 6: Persiapan Andromax R
Matikan Andromax R dan lepaskan baterai. Kemudian, tekan dan tahan tombol volume atas atau volume bawah (tergantung varian Andromax R) sambil menyambungkannya ke PC menggunakan kabel USB. SP Flash Tool akan mendeteksi Andromax R dan proses flashing dapat dimulai.

Langkah 7: Mulai Flashing
Klik pada tombol Download pada SP Flash Tool untuk memulai proses flashing Andromax R. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, jadi pastikan Andromax R terhubung dengan PC selama proses berlangsung.

Langkah 8: Selesai
Setelah proses flashing selesai, Anda akan melihat pesan Download OK pada SP Flash Tool. Anda dapat melepaskan Andromax R dari PC dan menyalakannya. Andromax R sekarang telah berhasil di-flash dan sistem operasi telah terinstal ulang.

Itulah langkah-langkah untuk melakukan flashing Andromax R lewat PC. Mengikuti panduan ini dengan teliti dan hati-hati sangat penting agar tidak terjadi masalah pada smartphone Anda. Jika masih ada masalah setelah melakukan flashing, sebaiknya bawa Andromax R Anda ke pusat servis resmi Smartfren untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Terkini, flashing Andromax R lewat PC tetap menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah pada smartphone ini. Namun, selalu diingatkan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum memulai proses ini. Dengan begitu, Anda dapat memulihkan data yang hilang setelah proses flashing selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara flashing Andromax R lewat PC. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah pada Andromax R. Selalu lakukan dengan hati-hati dan pastikan Anda memahami setiap langkah sebelum melakukan flashing.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment