site stats Cara Membagi Garis Di Autocad | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membagi Garis Di Autocad

Cara Membagi Garis Di Autocad

Cara Membagi Garis di AutoCAD

Apabila Anda sedang belajar atau bekerja dalam bidang desain arsitektur atau teknik sipil, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan software AutoCAD. AutoCAD adalah software yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar dalam bentuk vektor. Salah satu fitur yang sangat penting dalam AutoCAD adalah kemampuannya untuk membagi garis. Pada artikel ini, akan dijelaskan secara detail tentang cara membagi garis di AutoCAD.

Pengenalan tentang AutoCAD

Cara menggunakan tool Divide ( Membagi obyek ) di AutoCAD
Cara menggunakan tool Divide ( Membagi obyek ) di AutoCAD

AutoCAD adalah software desain komputer yang dikembangkan oleh perusahaan Autodesk. Dalam industri desain arsitektur dan teknik sipil, AutoCAD digunakan untuk membuat gambar teknis, baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Dalam proses pembuatan gambar, seringkali kita perlu membagi garis menjadi beberapa bagian yang sama panjang atau berdasarkan jarak tertentu. Dalam hal ini, AutoCAD menyediakan beberapa perintah yang bisa digunakan untuk membagi garis dengan mudah dan akurat.

Perintah Divide

Salah satu perintah yang bisa digunakan untuk membagi garis di AutoCAD adalah perintah Divide. Perintah Divide digunakan untuk membagi atau memecah garis menjadi beberapa bagian yang sama panjang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah Divide di AutoCAD:

1. Buka file AutoCAD yang berisi garis yang akan dibagi.
2. Pilih tab Modify di ribbon AutoCAD.
3. Temukan ikon Divide di toolbar Modify atau ketikkan Divide di baris perintah AutoCAD.
4. Setelah perintah Divide aktif, AutoCAD akan meminta Anda untuk memilih garis yang akan dibagi. Klik pada garis yang ingin Anda bagi.
5. Setelah itu, AutoCAD akan meminta Anda untuk memasukkan jumlah segmen yang diinginkan. Masukkan jumlah segmen yang diinginkan dan tekan Enter.
6. AutoCAD akan secara otomatis membagi garis menjadi segmen-segmen yang sama panjang.

Perintah Divide juga memiliki beberapa opsi tambahan yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan dan perilaku hasil pembagian garis. Misalnya, opsi Create Points akan membuat titik-titik pada setiap titik pembagian garis. Anda juga dapat mengatur warna dan jenis garis dari pembagian yang dihasilkan.

Perintah Measure

Selain perintah Divide, AutoCAD juga menyediakan perintah Measure yang bisa digunakan untuk membagi garis berdasarkan jarak tertentu. Perintah Measure memungkinkan Anda untuk membagi garis dengan mengukur jarak dari titik awal garis. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah Measure di AutoCAD:

1. Buka file AutoCAD yang berisi garis yang akan dibagi.
2. Pilih tab Home di ribbon AutoCAD.
3. Temukan ikon Measure di toolbar Draw atau ketikkan Measure di baris perintah AutoCAD.
4. Setelah perintah Measure aktif, AutoCAD akan meminta Anda untuk memilih titik awal garis. Klik pada titik awal garis yang Anda inginkan.
5. Setelah itu, AutoCAD akan meminta Anda untuk memasukkan jarak antara setiap titik pembagian. Masukkan jarak yang diinginkan dan tekan Enter.
6. AutoCAD akan secara otomatis membagi garis berdasarkan jarak yang telah ditentukan.

Perintah Measure juga memiliki beberapa opsi tambahan yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan dan perilaku hasil pembagian garis. Anda dapat mengatur warna, jenis garis, dan jenis titik yang digunakan dalam pembagian yang dihasilkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang cara membagi garis di AutoCAD menggunakan perintah Divide dan Measure. Perintah Divide digunakan untuk membagi garis menjadi segmen-segmen yang sama panjang, sedangkan perintah Measure digunakan untuk membagi garis berdasarkan jarak tertentu. Dengan menggunakan perintah-perintah ini, Anda dapat membagi garis dengan mudah dan akurat dalam proses pembuatan gambar di AutoCAD.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment