site stats Cara Membuat Box Speaker 15 Inch untuk Bass Jauh | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Box Speaker 15 Inch untuk Bass Jauh

Cara Membuat Box Speaker 15 Inch untuk Bass Jauh

Cara Membuat Box Speaker 15 Inch – Melakukan DIY (do it yourself) dalam dunia audio adalah cara yang bagus untuk menciptakan suara yang anda inginkan dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu proyek yang paling populer dan bermanfaat adalah membangun box speaker sendiri. Speaker 15 inch adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang mencari bass yang jauh dan menambah feel yang kuat dalam musik anda.

Namun, untuk mendapatkan suara terbaik, Anda perlu membangun box speaker yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana membangun box speaker 15 inch untuk bass jauh. Bayangkan sensasi membangun sendiri box speaker yang memberikan kualitas suara superior, dengan bass yang memukau dan mampu mencapai jarak yang jauh. Itu adalah pencapaian yang membanggakan, dan dalam artikel ini, kita akan membantu anda mencapainya.

Kita juga akan membahas beberapa konsep desain speaker dasar untuk membantu anda memahami mengapa kita memilih desain tertentu. Dengan pemahaman yang baik, Anda akan lebih mudah menyesuaikan desain tersebut sesuai kebutuhan dan preferensi anda nantinya.

Cara Membuat Box Speaker 15 Inch

1. Pemahaman Dasar dan Persyaratan Material

Sebelum kita melangkah ke panduan perakitan, ada beberapa konsep dasar dan persyaratan material yang perlu kita pahami.

Konsep Dasar

Pada dasarnya, box speaker adalah ruang tertutup di mana driver speaker (unit yang menghasilkan suara) dipasang. Tujuannya adalah untuk mengisolasi gelombang suara dari belakang driver dari yang di depannya. Karena jika gelombang suara ini bertemu, mereka dapat saling membatalkan dan mengurangi kualitas suara.

Namun, tidak sembarang box bisa digunakan. Ukuran, bentuk, dan bahan dari box dapat sangat mempengaruhi kualitas suara. Untuk bass yang jauh, kita perlu box speaker dengan resonansi yang rendah. Resonansi adalah frekuensi natural di mana suatu objek atau sistem bergetar. Dalam hal ini, kita ingin box speaker kita beresonansi dengan frekuensi rendah, yang sesuai dengan suara bass.

Persyaratan Material

Untuk membangun box speaker 15 inch untuk bass jauh, ada beberapa material yang kita butuhkan:

  1. Satu driver speaker 15 inch. Pilihlah model dengan frekuensi respon yang mencakup rentang bass (20-200 Hz) dan SPL (tingkat tekanan suara) yang tinggi untuk suara yang lebih keras.
  2. Kayu lapis atau MDF (medium-density fibreboard) setebal minimal 3/4 inch untuk dinding box. Kedua bahan ini cukup keras dan kepadatannya tinggi, membuatnya baik untuk box speaker bass.
  3. Lem kayu dan sekrup untuk menyatukan potongan kayu lapis atau MDF.
  4. Pisau gergaji (jigsaw) untuk memotong kayu lapis atau MDF.
  5. Pen, penggaris dan busur untuk menggambar pola potongan di kayu lapis atau MDF.
  6. Amplifier dan kabel speaker untuk menguji box speaker yang telah selesai.

Keterangan: lebih lanjut akan dibahas di bagian berikutnya.

2. Perencanaan Ukuran Box Speaker

Persiapan adalah kunci sukses dalam proyek DIY. Sebelum mulai memotong dan merakit, kita perlu merencanakan ukuran box speaker kita. Ingat, ukuran yang tepat adalah penting untuk resonansi yang tepat dan bass yang jauh. Bagian perencanaan ini sangat penting dan akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari box speaker Anda.

Bagian perencanaan ini akan membutuhkan beberapa hitungan dan pengetahuan dasar tentang akustik. Namun, jangan khawatir, kita akan membimbing anda melalui proses ini langkah demi langkah.

Pada bagian ini, kita akan menghitung volume internal box yang ideal, yang paling sesuai dengan driver speaker kita. Secara umum, box yang lebih besar cenderung menghasilkan bass yang lebih baik, tetapi ukuran bukanlah segalanya. Kita juga perlu mempertimbangkan kedalaman box, karena ini mempengaruhi seberapa jauh gelombang suara bisa ‘berjalan’ sebelum mencapai pendengar.

Metode yang paling umum digunakan untuk menghitung volume box adalah Thiele/Small parameters. Setiap driver speaker memiliki parameter ini, yang biasanya dapat anda temukan di manual atau website pabrikan.

Berikut adalah formula yang bisa anda gunakan:

Vb = Vas / ((Fc/Fs)^2 – 1)

Di mana:

  • Vb adalah volume box dalam liter.
  • Vas adalah parameter Thiele/Small, volume udara yang memiliki pegas yang sama dengan suspensi driver.
  • Fc adalah frekuensi cutoff yang diinginkan (frekuensi di mana output mulai berkurang).
  • Fs adalah frekuensi resonansi bebas driver.

Kesimpulan: Dalam bagian ini, kita telah memahami konsep dasar pembuatan box speaker dan persyaratan material. Kami juga telah membahas bagaimana merencanakan ukuran box yang ideal. Di bagian berikutnya, kita akan membahas tentang proses memotong material dan merakitnya menjadi box speaker.

Artikel berlanjut di bagian berikut yang akan membahas tentang proses pemotongan, perakitan, dan penyelesaian pontensi box speaker. Ai akan juga bahas mengenai proses pengecekan dan pengujian box speaker.

Informasi lengkap selanjutnya akan kami sampaikan segera. Anda tinggal menunggu dan pastikan untuk mencoba membuat box speaker yang luar biasa ini nanti. Selamat mencoba!

3. Pemotongan dan Perakitan Material

Setelah memahami konsep dasar dan merencanakan ukuran box speaker, saatnya beralih ke tahap pemotongan dan perakitan material. Langkah-langkah ini membutuhkan keterampilan teknis dan ketelitian tinggi, jadi pastikan Anda siap dan sedia segala peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai.

Pemotongan Material

Dengan rencana ukuran box di tangan, kita akan mulai memotong material menggunakan pisau gergaji. Tentukan dimensi box Anda berdasarkan perhitungan sebelumnya, kemudian gambar pola potongan di kayu lapis atau MDF menggunakan pen dan penggaris. Sertakan pula lubang untuk driver speaker dan porta (jika Anda menggunakan box berjenis ported atau bass reflex).

Perhatikan bahwa dimensi yang kita perhatikan adalah dimensi internal box. Anda harus menambahkan tebal dinding box ke dimensi ini untuk mendapatkan dimensi potongan akhir. Juga, saat memotong lubang untuk driver, pastikan diameter lubang sedikit lebih kecil daripada diameter driver untuk memastikan driver bisa dipasang dengan aman.

Perakitan Material

Setelah selesai memotong, kita mula merakit box speaker. Mulailah dengan menyemprotkan lem kayu di ujung potongan, lalu jinakkan dengan potongan lainnya untuk membentuk sisi box. Tahan beberapa saat untuk memastikan lem meresap dan kering.

Anda juga bisa menggunakan sekrup untuk memperkuat sambungan. Namun, pastikan anda gunakan sekrup yang cukup panjang untuk menembus kedua lapisan kayu dan cukup pendek untuk tidak menonjol keluar.

Ulangi proses ini sampai semua sisi box terbentuk. Untuk bagian depan, pastikan lubang untuk driver dan porta sudah ada sebelum Anda pasang. Setelah box dirakit, biarkan lem kering semalam.

4. Pemasangan Driver dan Finishing

Setelah box speaker selesai dirakit dan lem sudah kering, saatnya beralih ke tahap pemasangan driver dan finishing.

Pemasangan Driver

Driver biasanya dipasang di bagian depan box. Pasang driver di lubang yang sudah kita buat, lalu kencangkan dengan sekrup. Pastikan driver pas di lubang dan tidak ada ruang kosong di sekitarnya.

Finishing

Terakhir, kita bisa memberikan sentuhan akhir pada box speaker untuk membuatnya terlihat lebih profesional dan menarik. Anda bisa mengecatnya dengan warna favorit Anda, menambahkan lapisan veneer kayu, atau bahkan menambahkan grille (cover) di depan driver untuk look yang lebih menarik.

Anda juga perlu memastikan box speaker benar-benar kedap udara. Jika ada retakan atau celah, Anda bisa menambalnya dengan filler kayu atau sealant yang sesuai. Ini akan memastikan bass yang lebih baik dan mengurangi vibrasi yang tidak diinginkan.

5. Pengecekan dan Pengujian

Setelah perakitan dan finishing, langkah terakhir adalah melakukan pengecekan dan pengujian. Hal ini penting untuk memastikan box speaker Anda bekerja dengan baik dan menghasilkan suara yang optimal.

Pengecekan

Pengecekan melibatkan visual inspection dan tactile inspection. Periksa apakah semua bagian box sudah rapat dan kuat. Pastikan juga driver sudah terpasang dengan benar dan tidak ada benda asing yang masuk ke box. Anda juga bisa mengetuk permukaan box untuk memeriksa apakah ada suara yang tidak normal.

Pengujian

Untuk pengujian, anda akan memerlukan amplifier dan sumber suara (seperti player musik atau smartphone). Sambungkan box speaker ke amplifier dan mainkan beberapa lagu dengan rentang frekuensi yang beragam.

Perhatikan kualitas suara, terutama di daerah bass. Anda harus mendapatkan suara bass yang kuat dan bisa merasakan getarannya. Jika suara bass terasa lemah atau tidak jelas, cobalah menyesuaikan pengaturan pada amplifier atau periksa lagi box speaker Anda.

Setelah proses pengerjaan yang panjang, akhirnya box speaker 15 inch untuk bass jauh yang Anda buat sudah selesai. Semoga proses ini memberikan Anda pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang pembuatan speaker, dan semoga Anda merasa puas dengan hasilnya. Selanjutnya Anda bisa menikmati suara bass yang jauh dan mendalam dari speaker buatan Anda sendiri. Terimkasih telah berkunjung di artikel kami Jfcglobalindonesia.com

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment