site stats Cara Membuat Dompet Uang Kertas Dari Kain Flanel | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Dompet Uang Kertas Dari Kain Flanel

Cara Membuat Dompet Uang Kertas Dari Kain Flanel

Cara Membuat Dompet Uang Kertas dari Kain Flanel

Pengantar

Dompet adalah salah satu aksesori yang penting bagi setiap orang. Dompet digunakan untuk menyimpan uang, kartu identitas, kartu kredit, dan berbagai hal penting lainnya. Namun, banyak orang yang merasa kesulitan menemukan dompet yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka. Jika Anda adalah orang yang kreatif dan suka membuat sesuatu dengan tangan sendiri, maka membuat dompet uang kertas dari kain flanel bisa menjadi pilihan yang menarik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat dompet uang kertas dari kain flanel.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Tutorial dompet anak dari kain Flanel tanpa jahit #kreasitiasbekti
Tutorial dompet anak dari kain Flanel tanpa jahit #kreasitiasbekti

Sebelum memulai membuat dompet uang kertas dari kain flanel, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang Anda butuhkan:

– Kain flanel berbagai warna
– Gunting
– Benang dan jarum
– Kantong plastik
– Pensil atau spidol
– Kancing magnetik atau velcro
– Ritsleting

Langkah 1: Membuat Pola

Langkah pertama dalam membuat dompet uang kertas dari kain flanel adalah membuat pola. Anda bisa menggunakan kertas atau karton tipis untuk membuat pola ini. Ambil kertas atau karton tipis dan lipat menjadi dua. Kemudian, buatlah bentuk persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan untuk dompet Anda. Setelah itu, buatlah bentuk segitiga pada salah satu sudutnya. Bagian segitiga ini akan menjadi bagian penutup dompet. Setelah Anda puas dengan pola yang dibuat, guntinglah pola tersebut.

Langkah 2: Menyusun Kain Flanel

Setelah Anda memiliki pola yang sudah digunting, sekarang saatnya untuk menyusun kain flanel. Pertama-tama, letakkan pola pada kain flanel dan guntinglah sesuai dengan pola tersebut. Anda perlu menggunting dua potongan kain flanel yang sama untuk bagian depan dan belakang dompet. Setelah menggunting, letakkan potongan kain flanel tersebut dengan sisi yang lebih bagus menghadap ke dalam. Jika Anda menginginkan dompet dengan warna atau pola yang berbeda di bagian dalamnya, maka gunakan kain flanel dengan warna atau pola yang Anda inginkan.

Setelah itu, ambil kain flanel yang sudah digunting tadi dan jahitlah sisi-sisinya menggunakan jarum dan benang. Pastikan untuk menjahit sisi-sisinya dengan rapi dan kuat agar dompet tidak mudah rusak. Setelah menjahit sisi-sisinya, baliklah dompet ke dalam, sehingga sisi yang lebih bagus sekarang menghadap ke luar. Dompet Anda sudah terlihat seperti dompet pada umumnya, namun tanpa bagian penutup.

Langkah 3: Membuat Bagian Penutup

Langkah berikutnya adalah membuat bagian penutup dompet. Ambil kain flanel dengan warna atau pola yang Anda inginkan untuk bagian penutup. Tempelkan pola yang telah Anda buat pada kain flanel tersebut dan guntinglah sesuai dengan pola. Setelah itu, ambillah kain flanel yang sudah digunting tadi dan jahitlah bagian sisi dan bawahnya menggunakan jarum dan benang. Pastikan untuk menjahitnya dengan rapi dan kuat agar bagian penutup tidak mudah rusak.

Setelah menjahit bagian sisi dan bawahnya, baliklah bagian penutup ke dalam, sehingga sisi yang lebih bagus sekarang menghadap ke luar. Kemudian, tempelkan bagian penutup pada dompet dengan menggunakan lem kain atau jahitan tambahan. Jika Anda ingin menggunakan kancing magnetik atau velcro untuk menutup dompet, maka tempelkanlah kancing tersebut pada bagian penutup dan bagian depan dompet.

Langkah 4: Menambahkan Kompartemen dan Ritsleting

Terakhir, tambahkan beberapa kompartemen pada dompet Anda untuk menyimpan kartu kredit atau kartu identitas. Anda bisa membuat kompartemen dengan memotong kain flanel dengan ukuran yang diinginkan dan menjahitnya pada bagian dalam dompet. Pastikan untuk menjahit kompartemen dengan rapi agar tidak mudah rusak.

Jika Anda ingin menambahkan ritsleting pada dompet Anda, maka Anda perlu memotong kain flanel dengan ukuran yang sesuai dengan panjang dompet dan lebar yang diinginkan. Jahitlah ritsleting pada bagian atas kain flanel tersebut, lalu jahit sisi-sisinya pada bagian dalam dompet. Pastikan untuk menjahitnya dengan rapi agar ritsleting tidak terlepas.

Kesimpulan

Membuat dompet uang kertas dari kain flanel merupakan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan. Anda dapat menyesuaikan desain dan warna dompet sesuai dengan gaya dan selera Anda sendiri. Selain itu, membuat dompet uang kertas dari kain flanel juga dapat menghemat biaya, karena Anda membuatnya sendiri. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat dompet uang kertas yang unik dan personal. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment