site stats Cara Membuat Garis Putus Putus Di Autocad | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Garis Putus Putus Di Autocad

Cara Membuat Garis Putus Putus Di Autocad

Cara Membuat Garis Putus-Putus di AutoCAD

Apakah Anda seorang pengguna AutoCAD yang sering kali menggunakan garis putus-putus dalam desain Anda? Tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas secara detail tentang cara membuat garis putus-putus di AutoCAD. Garis putus-putus adalah salah satu elemen penting dalam desain teknik, terutama dalam menggambarkan bagian yang tersembunyi atau tidak terlihat dalam gambar. Dengan menggunakan AutoCAD, Anda dapat dengan mudah membuat garis putus-putus yang rapi dan akurat.

Menggunakan Perintah LINETYPE

Tutorial Lengkap Cara Membuat Garis Putus Putus di AutoCAD
Tutorial Lengkap Cara Membuat Garis Putus Putus di AutoCAD

Perintah LINETYPE adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk membuat garis putus-putus di AutoCAD. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menggunakan perintah ini:

Langkah 1: Membuat Garis Baru

Langkah pertama dalam membuat garis putus-putus di AutoCAD adalah dengan membuat garis baru menggunakan perintah LINE atau POLYLINE. Anda dapat menggunakan perintah LINE untuk membuat garis lurus atau perintah POLYLINE untuk membuat garis lengkung.

Misalnya, jika Anda ingin membuat garis putus-putus lurus, Anda dapat menggunakan perintah LINE. Aktifkan perintah LINE dengan mengetikkan LINE di baris perintah AutoCAD, kemudian tekan Enter. Setelah itu, tentukan titik awal dan titik akhir garis dengan mengklik pada titik tersebut di gambar.

Jika Anda ingin membuat garis putus-putus lengkung, Anda dapat menggunakan perintah POLYLINE. Aktifkan perintah POLYLINE dengan mengetikkan POLYLINE di baris perintah AutoCAD, kemudian tekan Enter. Setelah itu, tentukan titik awal garis dengan mengklik pada titik tersebut di gambar, dan kemudian tentukan titik-titik tengah atau titik akhir garis dengan mengklik pada titik tersebut di gambar.

Langkah 2: Mendefinisikan Jenis Garis Putus-Putus

Setelah Anda membuat garis baru, langkah berikutnya adalah mendefinisikan jenis garis putus-putus. Untuk melakukannya, Anda perlu membuka jendela dialog LINETYPE. Ada beberapa cara untuk membuka jendela dialog ini, salah satunya adalah dengan mengetikkan LINETYPE di baris perintah AutoCAD, kemudian tekan Enter.

Setelah jendela dialog LINETYPE terbuka, Anda dapat memilih jenis garis putus-putus yang ingin Anda gunakan dari daftar yang tersedia. AutoCAD menyediakan berbagai jenis garis putus-putus yang dapat Anda pilih, seperti garis putus-putus, garis putus-putus dengan titik, atau garis putus-putus dengan garis lurus.

Jika tidak ada jenis garis putus-putus yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda juga dapat membuat jenis garis putus-putus kustom dengan mengklik tombol Load di jendela dialog LINETYPE. Setelah itu, Anda dapat mengimpor jenis garis putus-putus kustom yang telah Anda buat sebelumnya.

Menggunakan Fitur DASH

Selain menggunakan perintah LINETYPE, AutoCAD juga menyediakan fitur DASH yang memungkinkan Anda untuk membuat garis putus-putus dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menggunakan fitur ini:

Langkah 1: Mendefinisikan Jenis Garis Putus-Putus

Pertama-tama, Anda perlu mendefinisikan jenis garis putus-putus yang ingin Anda gunakan. Untuk melakukannya, Anda perlu membuka jendela dialog LINETYPE seperti yang dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis garis putus-putus yang ingin Anda gunakan atau membuat jenis garis putus-putus kustom jika diperlukan.

Langkah 2: Mengaktifkan Fitur DASH

Setelah Anda mendefinisikan jenis garis putus-putus, langkah berikutnya adalah mengaktifkan fitur DASH pada menu Properties di AutoCAD. Anda dapat membuka menu Properties dengan mengklik kanan pada garis yang telah Anda buat sebelumnya, kemudian pilih Properties dari menu yang muncul.

Jika menu Properties tidak muncul, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengetikkan PROPERTIES di baris perintah AutoCAD, kemudian tekan Enter. Setelah itu, Anda dapat memilih garis yang ingin Anda ubah menggunakan fitur DASH.

Setelah Anda memilih garis, langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur DASH dengan memilih jenis garis putus-putus yang telah Anda definisikan sebelumnya dari daftar yang tersedia. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, garis tersebut akan berubah menjadi garis putus-putus sesuai dengan jenis yang Anda pilih.

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat garis putus-putus di AutoCAD menggunakan perintah LINETYPE dan fitur DASH. Kedua metode ini sangat berguna dalam desain teknik, terutama dalam menggambarkan bagian yang tersembunyi atau tidak terlihat dalam gambar. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan, Anda dapat dengan mudah membuat garis putus-putus yang rapi dan akurat dalam desain Anda.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment