site stats Cara Membuat Manisan Bligo | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Manisan Bligo

Cara Membuat Manisan Bligo

Cara Membuat Manisan Bligo: Lezatnya Manisan yang Segar dan Sehat

Manisan merupakan camilan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan segar membuat manisan menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Salah satu jenis manisan yang sedang populer belakangan ini adalah manisan bligo. Bligo adalah buah yang memiliki rasa manis alami dan bisa diolah menjadi manisan yang lezat. Jika Anda ingin mencoba membuat manisan bligo sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Resep Manisan Bligo/blonceng/kundur oleh Devita - Cookpad
Resep Manisan Bligo/blonceng/kundur oleh Devita – Cookpad

1. Persiapan Bahan dan Alat
Langkah pertama dalam membuat manisan bligo adalah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Beberapa bahan yang perlu Anda siapkan antara lain bligo segar, gula pasir, air, dan air perasan jeruk nipis. Selain itu, Anda juga membutuhkan alat seperti panci, sendok, pisau, dan nampan untuk mengeringkan manisan.

2. Pemilihan dan Pembersihan Bligo
Pilihlah bligo yang segar dan matang untuk dijadikan manisan. Pastikan bligo tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Setelah itu, bersihkan bligo dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin ada pada kulitnya.

3. Pengolahan Bligo
Setelah bligo bersih, langkah selanjutnya adalah mengolahnya menjadi manisan. Potong bligo menjadi dua bagian dan buang bijinya. Anda juga dapat memotong bligo menjadi bentuk yang lebih kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, rendam bligo dalam air perasan jeruk nipis selama 15-30 menit untuk menghilangkan rasa pahit.

4. Pembuatan Sirup Gula
Untuk membuat manisan bligo yang manis, Anda perlu membuat sirup gula terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencampurkan gula pasir dan air dalam panci, kemudian didihkan hingga gula larut dan sirup mengental. Setelah itu, diamkan sirup gula hingga suhu ruang.

5. Pengasapan Bligo
Setelah bligo direndam dalam air perasan jeruk nipis dan sirup gula telah jadi, masukkan bligo ke dalam sirup gula. Pastikan semua potongan bligo terendam dengan baik. Kemudian, panggang bligo dalam oven dengan suhu rendah selama 2-3 jam atau hingga bligo mengering dan karamelisasi.

6. Pengeringan
Setelah bligo selesai dipanggang, pindahkan potongan bligo ke nampan yang dilapisi dengan kertas roti atau kertas minyak. Pastikan bligo tidak menumpuk satu sama lain agar mengering lebih cepat dan merata. Biarkan bligo mengering selama 1-2 hari atau hingga tidak ada lagi kandungan air pada manisan.

7. Penyimpanan dan Penyajian
Setelah manisan bligo benar-benar kering, simpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatan dan keawetan manisan. Manisan bligo dapat dinikmati sebagai camilan sehat kapan saja. Anda juga bisa menyajikan manisan bligo ini dalam acara tertentu atau memberikannya sebagai hadiah untuk keluarga dan teman.

Manisan bligo merupakan camilan yang sehat dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba membuat manisan bligo sendiri di rumah. Selain memiliki rasa manis yang alami, manisan bligo juga kaya akan serat dan vitamin. Manfaat kesehatan dari bligo pun bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi manisan bligo ini secara teratur. Jadi, tunggu apalagi? Segera coba buat manisan bligo sendiri dan nikmati kelezatannya!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment