site stats Cara Membuat Permen Tape | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Permen Tape

Cara Membuat Permen Tape

Cara Membuat Permen Tape yang Lezat dan Menggugah Selera

Apakah Anda pernah mencicipi permen tape? Jika belum, Anda pasti harus mencoba salah satu makanan khas Indonesia ini. Permen tape adalah permen tradisional yang terbuat dari fermentasi tape ketan. Teksturnya yang kenyal dan rasa manis yang khas membuat permen tape menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya enak untuk dinikmati sendiri, permen tape juga sering dijadikan oleh-oleh atau kue untuk acara spesial.

Permen tape aka jenang tape
Permen tape aka jenang tape

Mungkin Anda berpikir bahwa membuat permen tape adalah hal yang sulit dan membutuhkan banyak waktu. Namun, sebenarnya tidak demikian. Dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda resep lengkap dan cara membuat permen tape yang lezat. Siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkahnya dengan cermat, maka Anda akan bisa membuat permen tape sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah:
1. 500 gram tape ketan
2. 100 gram gula pasir
3. 1 sendok makan air jeruk nipis
4. 200 ml air matang
5. 1 sendok teh air kapur sirih
6. Pewarna makanan (opsional)
7. Tepung maizena secukupnya untuk taburan

Langkah pertama dalam membuat permen tape adalah membersihkan tape ketan. Ambil tape ketan, lalu cuci dengan air bersih hingga bersih. Setelah itu, peras tape ketan untuk menghilangkan airnya. Kemudian, letakkan tape ketan dalam sebuah wadah bersih dan tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan bau apek pada tape ketan.

Setelah tape ketan telah direndam dengan air jeruk nipis, tambahkan gula pasir dan air matang ke dalam wadah yang sama. Aduk rata hingga gula larut dan tape tercampur merata dengan air. Jika Anda ingin memberikan warna pada permen tape, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan. Aduk hingga warna tercampur merata.

Selanjutnya, tambahkan air kapur sirih ke dalam adonan permen tape. Air kapur sirih berfungsi untuk menjaga kualitas dan mempertahankan tekstur permen tape. Aduk rata dan diamkan selama 1 jam agar adonan meresap dengan baik. Setelah itu, panaskan wajan anti lengket dan tuangkan adonan tape ke dalamnya.

Masak adonan tape dengan api kecil hingga adonan mengental dan melepaskan minyak. Hal ini akan memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari jumlah adonan yang Anda buat. Saat memasak, pastikan Anda terus mengaduk permen tape agar tidak gosong atau lengket di dasar wajan.

Setelah adonan tape mengental dan melepaskan minyak, angkat dan tuang permen tape ke dalam wadah yang telah diolesi minyak. Ratakan permennya dan diamkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin, taburi permennya dengan tepung maizena agar permennya tidak lengket saat dipotong-potong.

Setelah permennya benar-benar dingin, potong permen tape sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memotongnya menjadi persegi panjang kecil atau membentuknya menjadi bulat seperti permen pada umumnya. Setelah dipotong, permen tape siap disajikan atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Itulah cara membuat permen tape yang lezat dan menggugah selera. Dengan resep dan langkah-langkah yang kami berikan, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment