site stats Cara Membuat Pompa Hidram Paralon Dan Botol Plastik | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Pompa Hidram Paralon Dan Botol Plastik

Cara Membuat Pompa Hidram Paralon Dan Botol Plastik

Cara Membuat Pompa Hidram dari Paralon dan Botol Plastik

Apakah Anda pernah mendengar tentang pompa hidram? Pompa hidram adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan tekanan air yang tinggi menggunakan sumber daya air yang ada di sekitar kita. Pompa hidram biasanya digunakan untuk keperluan pertanian, irigasi, pemberian air minum, dan berbagai keperluan lainnya.

Jusron Faizal: Hydram Botol Plastik dan Klep Tabo
Jusron Faizal: Hydram Botol Plastik dan Klep Tabo

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat pompa hidram menggunakan paralon dan botol plastik. Metode ini sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan biaya yang terjangkau. Simaklah penjelasan berikut ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan pompa hidram, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang Anda perlukan:

1. Paralon ukuran 2 inci sepanjang 2 meter
2. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter
3. Pipa PVC dengan diameter 1 inci sepanjang 1 meter
4. Lem PVC atau perekat tahan air
5. Pisau atau gunting
6. Tang atau obeng

Langkah-langkah Pembuatan Pompa Hidram

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, Anda dapat mulai membuat pompa hidram dengan langkah-langkah berikut:

1. Pasang Paralon dan Botol Plastik

Langkah pertama adalah memasang paralon dan botol plastik. Potong paralon menjadi 2 bagian dengan panjang yang sama, sekitar 1 meter. Potong juga botol plastik menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama. Kemudian, pasang salah satu potongan paralon ke salah satu potongan botol plastik. Sambungkan keduanya dengan menggunakan lem PVC atau perekat tahan air. Lakukan hal yang sama untuk potongan paralon dan botol plastik yang lainnya.

2. Sambungkan Pipa PVC

Selanjutnya, sambungkan pipa PVC dengan salah satu potongan paralon dan botol plastik yang telah disambungkan sebelumnya. Potong pipa PVC menjadi 2 bagian dengan panjang yang sama. Sambungkan salah satu ujung pipa PVC ke lubang atas botol plastik. Sambungkan ujung yang lainnya ke paralon dengan cara yang sama. Pastikan sambungan antara pipa PVC dan paralon atau botol plastik cukup rapat dan tahan air.

3. Pasang Pompa di Sumber Air

Setelah semua sambungan selesai, Anda dapat memasang pompa hidram di sumber air yang Anda miliki. Cari sumber air yang memiliki aliran yang cukup stabil dan kuat. Pasang potongan paralon dan botol plastik yang telah disambungkan ke sumber air tersebut. Pastikan pompa terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergeser.

Cara Kerja Pompa Hidram

Setelah Anda selesai membuat pompa hidram, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara kerjanya. Pompa hidram bekerja berdasarkan hukum fisika dasar yang bernama hukum Pascal. Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada sebuah cairan dalam wadah tertutup akan merambat dengan sama kuatnya ke seluruh bagian cairan tersebut.

Dalam pompa hidram, aliran air yang masuk melalui paralon akan menghasilkan tekanan yang tinggi di dalam botol plastik. Tekanan ini kemudian akan menggerakkan air keluar melalui pipa PVC dengan tekanan yang lebih tinggi daripada tekanan air di luar pompa. Pompa hidram bekerja secara otomatis tanpa menggunakan tenaga listrik atau mesin lainnya.

Keuntungan dan Manfaat Pompa Hidram

Pompa hidram memiliki beberapa keuntungan dan manfaat yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menghasilkan tekanan air yang tinggi. Beberapa keuntungan dan manfaat tersebut antara lain:

1. Hemat energi: Pompa hidram tidak membutuhkan sumber energi listrik atau mesin bahan bakar. Pompa ini bekerja secara otomatis dan hanya memanfaatkan aliran air yang ada di sekitar kita.

2. Ramah lingkungan: Dengan menggunakan pompa hidram, Anda dapat mengurangi penggunaan energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak negatif terhadap lingkungan.

3. Biaya terjangkau: Pembuatan pompa hidram menggunakan paralon dan botol plastik cukup murah dan terjangkau. Anda dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli dan mengoperasikan pompa air konvensional.

4. Mudah dalam perawatan: Pompa hidram tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu membersihkan saringan dan memastikan semua sambungan masih kuat dan tahan air.

5. Multifungsi: Pompa hidram dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti irigasi tanaman, pemberian air minum ternak, pengairan kolam, dan berbagai keperluan lainnya yang membutuhkan tekanan air tinggi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pompa hidram sederhana menggunakan paralon dan botol plastik. Pompa hidram ini dapat membantu Anda memanfaatkan sumber daya air yang ada di sekitar kita dengan cara yang efisien dan ramah lingkungan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment