site stats Cara Membuat Power Supply 12v Non Ct | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Power Supply 12v Non Ct

Cara Membuat Power Supply 12v Non Ct

Cara Membuat Power Supply 12V Non CT

Apakah Anda sedang membutuhkan power supply 12V non CT? Power supply 12V non CT adalah komponen penting dalam berbagai proyek elektronik, termasuk pengoperasian dioda, transistor, IC, dan banyak lagi. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat power supply 12V non CT yang sederhana dan efisien.

CARA Membuat Adaptor  Volt dengan Trafo Non CT Sederhana
CARA Membuat Adaptor Volt dengan Trafo Non CT Sederhana

Sebelum memulai, penting untuk memahami apa itu power supply 12V non CT. CT dalam power supply CT merujuk pada center tap, yang merupakan titik tengah dari transformator. Biasanya, power supply CT digunakan untuk aplikasi yang memerlukan tegangan positif dan negatif. Namun, power supply non CT hanya menghasilkan tegangan positif.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat power supply 12V non CT yang dapat Anda ikuti:

1. Persiapan bahan dan peralatan
Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Bahan yang Anda butuhkan antara lain transformator step-down 220V/12V, dioda silikon 1N4007, kapasitor elektrolitik 2200uF/25V, regulator tegangan LM7812, resistor 220 ohm, LED, dan PCB.

2. Merakit sirkuit
Langkah selanjutnya adalah merakit sirkuit power supply 12V non CT. Pertama, hubungkan kaki sekunder transformator ke dioda silikon menggunakan kabel tembaga. Pastikan Anda menghubungkan dioda silikon secara seri dengan polaritas yang benar. Kemudian, sambungkan kapasitor elektrolitik paralel dengan dioda silikon. Perhatikan polaritas kapasitor untuk menghindari kerusakan. Selanjutnya, sambungkan kaki positif kapasitor ke regulator tegangan LM7812. Hubungkan juga resistor 220 ohm dan LED secara seri dengan regulator tegangan, dengan kaki positif LED mengarah ke resistor.

3. Merakit PCB
Setelah sirkuit dirakit, langkah berikutnya adalah merakit PCB. Tempatkan semua komponen pada PCB sesuai dengan skema yang telah Anda buat. Pastikan kaki-kaki komponen terhubung dengan baik pada PCB. Jika Anda tidak memiliki pengalaman merakit PCB, Anda dapat mencari bantuan dari ahli elektronik atau mengikuti panduan online yang tersedia.

4. Uji sirkuit
Setelah PCB selesai dirakit, langkah selanjutnya adalah menguji sirkuit. Sambungkan power supply 12V non CT ke sumber listrik dan pastikan tidak ada korsleting atau hubungan yang salah. Periksa juga apakah LED menyala dengan baik. Jika semua berjalan dengan baik, berarti sirkuit telah berhasil dirakit.

5. Finishing
Setelah sirkuit diuji dan berfungsi dengan baik, langkah terakhir adalah memberikan finishing pada power supply 12V non CT. Anda dapat memberikan pelindung pada PCB seperti casing atau heat sink. Pastikan juga sambungan kabel dan komponen di PCB terlindungi dengan baik.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang memiliki power supply 12V non CT yang dapat Anda gunakan dalam berbagai proyek elektronik. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan alat-alat elektronik dan selalu periksa keamanan sebelum menggunakan power supply yang telah Anda buat.

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara membuat power supply 12V non CT yang sederhana dan efisien. Langkah-langkah yang kami berikan dapat Anda ikuti untuk membuat power supply sendiri untuk proyek elektronik Anda. Dengan power supply 12V non CT yang Anda buat sendiri, Anda akan memiliki kendali penuh atas tegangan yang dihasilkan dan dapat menggunakannya dengan aman dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil dalam membuat power supply 12V non CT Anda sendiri. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment