site stats Cara Membuat Selempang Wisuda | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Selempang Wisuda

Cara Membuat Selempang Wisuda

Cara Membuat Selempang Wisuda yang Elegan dan Memukau

Hari kelulusan adalah momen yang sangat berharga bagi setiap mahasiswa. Tidak hanya sebagai tanda bahwa perjuangan mereka selama bertahun-tahun di bangku kuliah telah berbuah manis, tetapi juga sebagai perayaan keberhasilan dan prestasi mereka dalam menyelesaikan pendidikan tinggi. Salah satu aksesori yang menjadi simbol kebanggaan dalam acara wisuda adalah selempang wisuda. Selempang wisuda tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal, tetapi juga sebagai aksesori yang menambah kesan elegan dan formal pada gaun wisuda. Jika Anda ingin tampil memukau dalam acara wisuda, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat selempang wisuda yang elegan dan memukau.

Bahan dan Alat yang Diperlukan

Cara Membuat Selempang Wisuda dari Kain Flanel Hanya k / DIY
Cara Membuat Selempang Wisuda dari Kain Flanel Hanya k / DIY

Sebelum kita memulai proses pembuatan selempang wisuda, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain kain satin dengan warna yang sesuai dengan institusi tempat Anda berkuliah, kain flanel berwarna kontras, benang dan jarum, kancing, pita elastis, dan gunting. Alat-alat yang diperlukan adalah mesin jahit atau jarum dan benang tangan, penggaris, dan alat penanda.

Langkah 1: Mengukur dan Memotong Kain

Langkah pertama dalam pembuatan selempang wisuda adalah mengukur dan memotong kain satin sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran standar selempang wisuda adalah sekitar 10-12 cm lebar dan 150-180 cm panjang. Namun, Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Setelah kain satin dipotong sesuai ukuran, potong juga kain flanel dengan ukuran yang sama untuk membuat pengisi selempang.

Setelah memotong kedua kain, letakkan kain flanel di tengah kain satin dan lipat kain satin menjadi dua, sehingga kain flanel tertutup rapat di dalamnya. Kemudian, jahit sisi-sisi selempang menggunakan mesin jahit atau jarum dan benang tangan. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar selempang tidak mudah rusak.

Langkah 2: Menambahkan Detail dan Hiasan

Setelah selempang dasar selesai, langkah selanjutnya adalah menambahkan detail dan hiasan untuk membuat selempang terlihat lebih menarik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambahkan kain flanel berwarna kontras pada bagian depan selempang. Potong kain flanel sesuai dengan bentuk yang diinginkan, misalnya bentuk huruf atau lambang institusi Anda, dan jahit pada bagian depan selempang menggunakan jarum dan benang.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hiasan lain seperti kancing atau pita elastis pada bagian samping selempang untuk memberikan sentuhan elegan. Pastikan hiasan tersebut ditempatkan dengan rapi dan aman agar tidak mudah lepas atau rusak.

Langkah 3: Menyusun dan Menyelesaikan Selempang

Setelah menambahkan detail dan hiasan, langkah terakhir adalah menyusun dan menyelesaikan selempang wisuda. Ambil pita elastis dengan panjang sekitar 50-60 cm dan jahit pada kedua ujung selempang, sehingga selempang dapat diikat dengan nyaman di bahu Anda. Pastikan pita elastis tidak terlalu ketat atau terlalu longgar untuk memberikan kenyamanan saat digunakan.

Setelah menyusun dan menyelesaikan selempang, periksa kembali setiap jahitan dan hiasan untuk memastikan semuanya kuat dan rapi. Jika diperlukan, gunakan gunting untuk memotong benang yang terjuntai atau merapikan ujung-ujung kain. Setelah itu, selempang wisuda yang elegan dan memukau siap untuk Anda kenakan dalam acara wisuda.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat selempang wisuda sendiri yang elegan dan memukau. Selain menghemat biaya, membuat selempang sendiri juga memberikan kepuasan dan kebanggaan karena Anda telah menciptakan aksesori penting dalam acara wisuda dengan tangan sendiri. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi kreativitas Anda dalam pembuatan selempang wisuda yang unik dan personal. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment