site stats Cara Membuat Setrum Ikan Sederhana | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Setrum Ikan Sederhana

Cara Membuat Setrum Ikan Sederhana

Cara Membuat Setrum Ikan Sederhana

Setrum ikan adalah salah satu alat yang digunakan untuk menangkap ikan dengan cara memberikan impuls listrik pada air. Alat ini sangat efektif dan efisien dalam menangkap ikan, terutama pada perairan yang sulit dijangkau dengan alat tangkap tradisional seperti jaring atau pancing. Meskipun terlihat rumit, sebenarnya kita bisa membuat setrum ikan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat setrum ikan sederhana yang dapat digunakan oleh pemancing amatir.

Perlengkapan yang Diperlukan

Cara buat setrum ikan dengan relay, setrum ikan sederhana - YouTube
Cara buat setrum ikan dengan relay, setrum ikan sederhana – YouTube

Sebelum memulai proses pembuatan setrum ikan, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar perlengkapan yang diperlukan:

1. Baterai 12 volt: Baterai ini akan menjadi sumber daya utama dalam setrum ikan. Pastikan baterai yang Anda gunakan memiliki kapasitas yang cukup untuk menghasilkan impuls listrik yang kuat.

2. Kabel tembaga: Kabel tembaga berfungsi sebagai penghantar listrik dari baterai ke alat setrum. Pilih kabel tembaga dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Saklar on-off: Saklar ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan alat setrum. Pilihlah saklar yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

4. Kabel penjepit: Kabel ini berguna untuk menghubungkan alat setrum dengan media yang akan digunakan untuk menangkap ikan. Pastikan kabel penjepit yang Anda gunakan memiliki daya tahan yang baik agar tidak mudah rusak.

5. Kotak atau wadah: Kotak atau wadah berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua komponen setrum ikan. Pilihlah kotak atau wadah yang cukup besar dan kokoh agar dapat menampung semua perlengkapan dengan aman.

Langkah-langkah Pembuatan Setrum Ikan

Setelah semua perlengkapan disiapkan, berikut adalah langkah-langkah pembuatan setrum ikan sederhana:

1. Persiapkan Kotak atau Wadah

Langkah pertama adalah menyiapkan kotak atau wadah yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan semua komponen setrum ikan. Pastikan kotak atau wadah yang Anda gunakan cukup besar dan kokoh agar dapat menampung semua perlengkapan dengan aman. Anda juga dapat melengkapi kotak atau wadah tersebut dengan penutup agar perlengkapan dalam setrum tetap terlindungi dari kerusakan.

2. Pasang Saklar on-off

Langkah selanjutnya adalah memasang saklar on-off pada kotak atau wadah setrum ikan. Saklar ini berguna untuk menghidupkan dan mematikan alat setrum. Anda dapat memilih posisi pemasangan saklar sesuai dengan kenyamanan Anda. Pastikan saklar yang Anda gunakan berkualitas baik agar tidak mudah rusak.

3. Hubungkan Baterai dan Kabel Tembaga

Setelah saklar terpasang dengan baik, langkah berikutnya adalah menghubungkan baterai dengan kabel tembaga. Sambungkan kutub positif baterai dengan ujung salah satu kabel tembaga, lalu sambungkan ujung lainnya ke saklar on-off. Selanjutnya, sambungkan kutub negatif baterai dengan ujung kabel tembaga lainnya.

4. Pasang Kabel Penjepit

Setelah baterai dan kabel tembaga terhubung dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang kabel penjepit. Pasanglah kabel penjepit pada ujung kabel tembaga yang terhubung dengan kutub positif baterai. Pastikan kabel penjepit terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

5. Uji Coba Setrum Ikan

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah menguji coba setrum ikan yang telah Anda buat. Pertama-tama, pastikan saklar on-off dalam posisi mati. Lalu, jepitkan kabel penjepit pada media yang akan digunakan untuk menangkap ikan. Setelah itu, hidupkan saklar on-off dan amati apakah terjadi impuls listrik yang cukup kuat pada media yang dijepitkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara membuat setrum ikan sederhana yang dapat digunakan oleh pemancing amatir. Meskipun terlihat rumit, sebenarnya kita bisa membuat setrum ikan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Dalam proses pembuatan, kita perlu menyiapkan perlengkapan seperti baterai 12 volt, kabel tembaga, saklar on-off, kabel penjepit, dan kotak atau wadah. Selain itu, ada juga langkah-langkah yang perlu diikuti, antara lain menyiapkan kotak atau wadah, memasang saklar on-off, menghubungkan baterai dan kabel tembaga, memasang kabel penjepit, dan menguji coba setrum ikan yang telah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat membuat setrum ikan sendiri dengan mudah dan aman.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment