site stats Cara Membuat Siwang | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Siwang

Cara Membuat Siwang

Cara Membuat Siwang dengan Mudah dan Praktis

Siwang adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan memiliki tekstur renyah di luar namun lembut di dalam. Siwang bisa dijadikan sebagai camilan yang lezat di pagi, siang, atau malam hari. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat siwang sendiri di rumah, berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat siwang dengan mudah dan praktis.

Resep Siwang (terasi bawang) oleh Cece Wanti - Cookpad
Resep Siwang (terasi bawang) oleh Cece Wanti – Cookpad

1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum memulai proses pembuatan siwang, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang harus Anda siapkan:
– Singkong yang sudah dikupas dan diparut.
– Tepung terigu.
– Tepung beras.
– Air.
– Garam secukupnya.
– Minyak goreng.
– Bahan tambahan seperti irisan daun bawang atau wortel (opsional).
Selain itu, Anda juga akan membutuhkan alat-alat seperti wadah untuk mencampur adonan, wajan atau penggorengan, serta spatula atau sendok penggorengan.

2. Membuat Adonan Siwang
Langkah pertama dalam pembuatan siwang adalah membuat adonan. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mencampurkan singkong yang sudah diparut dengan tepung terigu dan tepung beras. Pastikan Anda menggunakan perbandingan yang tepat antara singkong dan tepung agar adonan memiliki tekstur yang pas. Jika ingin menambahkan bahan tambahan seperti daun bawang atau wortel, tambahkan pada tahap ini.
Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni hingga adonan bisa dipulung dengan tangan. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak terlalu lembek. Terakhir, tambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa pada adonan siwang.

3. Proses Penggorengan Siwang
Setelah adonan siwang selesai, saatnya untuk melakukan proses penggorengan. Siapkan wajan atau penggorengan dengan minyak yang sudah dipanaskan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan siwang.
Ambil sejumput adonan siwang dengan menggunakan sendok penggorengan atau spatula, lalu ratakan dan letakkan di atas minyak panas. Tekan-tekan adonan tersebut dengan spatula agar bentuknya menjadi pipih dan merata. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lain hingga semua adonan tergoreng.
Biarkan siwang menggoreng dengan api sedang hingga berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu, balik siwang dan biarkan bagian lainnya tergoreng hingga matang sempurna. Angkat siwang dan tiriskan minyak dengan menggunakan serbet atau kertas minyak.

4. Penyajian Siwang
Setelah proses penggorengan selesai, siapkan wadah atau piring untuk menyajikan siwang. Anda dapat menaruh siwang di atas piring bersama dengan saus sambal atau bahan pelengkap lainnya. Siwang siap disajikan dan siap untuk dinikmati.
Selain disantap langsung, siwang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk hidangan lain. Anda dapat menambahkan siwang di dalam nasi goreng, mi goreng, atau mie rebus untuk memberikan tambahan tekstur dan rasa yang lezat.

5. Tips dan Trik
– Pastikan adonan siwang memiliki tekstur yang tidak terlalu kering atau terlalu lembek. Jika terlalu kering, tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika terlalu lembek, tambahkan tepung terigu.
– Jangan terlalu banyak menambahkan minyak saat menggoreng siwang agar tidak terlalu berminyak.
– Jika ingin membuat siwang yang lebih renyah, Anda dapat menambahkan tepung sagu pada adonan.
– Jangan lupa untuk mencoba adonan siwang sebelum digoreng. Jika adonan terlalu asin atau kurang garam, tambahkan sedikit garam sesuai selera.
– Simpan siwang di dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan tahan lebih lama.

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat siwang dengan mudah dan praktis. Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan bisa membuat siwang sendiri di rumah tanpa kesulitan. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment