site stats Cara Membuat Toga Dari Kardus | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Toga Dari Kardus

Cara Membuat Toga Dari Kardus

Cara Membuat Toga dari Kardus

Apakah Anda pernah mendengar tentang toga sebelumnya? Toga adalah pakaian tradisional yang sering dikenakan oleh mahasiswa saat upacara wisuda di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, apakah Anda pernah berpikir untuk membuat toga Anda sendiri? Jika ya, artikel ini akan membantu Anda untuk membuat toga dari bahan yang sederhana, yakni kardus.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

CARA MEMBUAT TOPI WISUDA DARI KERTAS  TOPI TOGA
CARA MEMBUAT TOPI WISUDA DARI KERTAS TOPI TOGA

Sebelum kita mulai membuat toga dari kardus, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan:

1. Kardus: Pastikan Anda memiliki kardus yang cukup besar untuk membuat toga. Anda dapat menggunakan kardus bekas dari kotak barang atau membeli kardus baru di toko-toko terdekat.

2. Gunting: Anda akan membutuhkan gunting tajam untuk memotong kardus dengan presisi.

3. Penggaris: Penggaris akan membantu Anda untuk mengukur dan memotong kardus dengan tepat.

4. Pita Pengikat: Pita pengikat adalah bahan yang diperlukan untuk mengikat toga di bagian depan.

5. Lem: Lem akan membantu Anda untuk merekatkan beberapa bagian kardus yang mungkin perlu digabungkan.

Langkah-langkah Membuat Toga dari Kardus

Setelah Anda menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, saatnya untuk mulai membuat toga dari kardus. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

1. Mengukur dan Memotong Kardus

Langkah pertama adalah mengukur dan memotong kardus sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Ukuran toga umumnya bervariasi tergantung pada tinggi dan lebar tubuh Anda. Gunakan penggaris untuk mengukur dan gunting untuk memotong kardus dengan hati-hati.

Pastikan bahwa potongan kardus yang Anda hasilkan memiliki bentuk persegi panjang. Bagian atas kardus harus lebih panjang daripada bagian bawah, menyerupai bentuk jubah. Jika perlu, gunakan lem untuk merekatkan beberapa bagian yang mungkin terpisah.

2. Membuat Kerah Toga

Setelah Anda memiliki potongan persegi panjang untuk jubah, langkah berikutnya adalah membuat kerah toga. Untuk membuat kerah, Anda perlu memotong bagian atas toga menjadi bentuk melengkung. Gunakan gunting dan penggaris untuk memotong dengan presisi.

Pastikan bahwa bagian kerah yang Anda hasilkan memiliki lebar yang cukup untuk menampung leher Anda. Anda dapat mencoba memakai toga untuk memastikan bahwa kerahnya pas dan nyaman.

3. Menyempurnakan Toga

Setelah Anda membuat kerah, saatnya untuk menyempurnakan toga. Pastikan bahwa semua bagian kardus sudah rapi dan tidak ada bagian yang terlihat tidak rapi. Anda juga dapat menggunakan lem untuk merekatkan beberapa bagian yang mungkin perlu digabungkan.

Setelah toga selesai, Anda dapat menghiasinya dengan warna-warni atau dekorasi tambahan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menggunakan cat, stiker, atau bahkan kain untuk menghiasi toga Anda.

Sekarang, Anda telah berhasil membuat toga dari kardus sendiri! Anda dapat menggunakannya untuk berbagai acara, seperti perayaan wisuda atau pesta kostum. Jangan lupa untuk berbagi tutorial ini kepada orang lain agar mereka juga dapat mencoba membuat toga mereka sendiri.

Kesimpulan

Membuat toga dari kardus adalah salah satu cara kreatif untuk menghemat biaya dan menunjukkan keterampilan DIY Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat toga yang unik dan personal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment