site stats Cara Membuat Wajik Bandung Nanas | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Membuat Wajik Bandung Nanas

Cara Membuat Wajik Bandung Nanas

Cara Membuat Wajik Bandung Nanas yang Lezat dan Segar

Apakah Anda ingin mencoba hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan segar? Salah satu hidangan yang wajib dicoba adalah wajik Bandung nanas. Wajib Bandung nanas adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan dan dicampur dengan irisan nanas segar. Rasanya yang manis dan segar membuat wajik Bandung nanas menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat wajik Bandung nanas yang lezat.

Wajik Nanas Khas Pematang Siantar
Wajik Nanas Khas Pematang Siantar

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajik Bandung nanas cukup sederhana dan mudah didapatkan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ketan putih, santan, gula merah, nanas, dan daun pandan. Anda juga dapat menambahkan pewarna makanan untuk memberikan tampilan yang menarik pada wajik Bandung nanas Anda.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam ketan semalaman. Ketan yang telah direndam semalaman akan menjadi lebih lembut dan mudah dimasak. Setelah direndam, ketan dapat dimasak dengan santan dan daun pandan. Masak ketan dengan api kecil hingga ketan matang dan santan terserap dengan baik oleh ketan. Setelah ketan matang, pisahkan ketan menjadi dua bagian.

Selanjutnya, potong nanas menjadi irisan tipis. Jika Anda tidak suka tekstur nanas yang terlalu kasar, Anda dapat memotongnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah nanas dipotong, masukkan irisan nanas ke dalam satu bagian ketan yang telah dipisahkan tadi. Aduk rata sehingga nanas tercampur dengan baik dengan ketan. Jika Anda ingin memberikan tampilan yang lebih menarik pada wajik Bandung nanas, Anda dapat menambahkan pewarna makanan pada ketan yang dicampur dengan nanas.

Selanjutnya, masukkan ketan yang telah dicampur dengan nanas ke dalam loyang yang telah diolesi minyak. Ratakan permukaan ketan dengan bantuan sendok atau spatula. Setelah permukaan ketan rata, biarkan wajik Bandung nanas dingin dan mengeras di suhu ruangan selama beberapa jam. Anda juga dapat memasukkan wajik Bandung nanas ke dalam kulkas untuk mempercepat proses pendinginannya.

Setelah wajik Bandung nanas mengeras, Anda dapat memotongnya menjadi bentuk yang diinginkan. Biasanya, wajik Bandung nanas dipotong menjadi segi empat atau segi enam. Anda juga dapat menambahkan hiasan seperti kacang sangrai atau serutan kelapa untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada wajik Bandung nanas Anda.

Wajik Bandung nanas siap disajikan! Anda dapat menyantapnya sebagai camilan di siang hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Rasanya yang manis dan segar akan memanjakan lidah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyajikan wajik Bandung nanas sebagai hidangan spesial saat ada tamu yang datang berkunjung.

Membuat wajik Bandung nanas tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat membuat hidangan tradisional Indonesia ini di rumah. Rasanya yang lezat dan segar akan membuat Anda ketagihan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat wajik Bandung nanas sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment