site stats Cara Mencangkok Aglaonema | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Mencangkok Aglaonema

Cara Mencangkok Aglaonema

Cara Mencangkok Aglaonema: Memperbanyak Tanaman Hias dengan Mudah

Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki daun yang rindang serta beragam warna, sehingga sangat cocok untuk menghiasi ruangan dalam rumah atau kantor. Bagi pecinta tanaman hias, memiliki lebih banyak aglaonema tentu menjadi impian. Salah satu cara untuk memperbanyak tanaman ini adalah dengan mencangkoknya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai cara mencangkok aglaonema.

Apa itu Mencangkok?

CARA MENCANGKOK AGLAONEMA (Cara mencangkok Aglaonema yang
CARA MENCANGKOK AGLAONEMA (Cara mencangkok Aglaonema yang

Mencangkok adalah salah satu teknik perbanyakan tanaman yang dilakukan dengan cara menyambungkan bagian tumbuhan yang diinginkan dengan bagian tumbuhan lain yang memiliki akar. Teknik ini dilakukan untuk memastikan bahwa tanaman baru yang akan tumbuh memiliki akar yang kuat dan dapat bertahan hidup dengan baik. Mencangkok juga memungkinkan kita untuk memperbanyak tanaman yang sulit dipropagasi melalui biji atau stek.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses mencangkok, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan, di antaranya:

1. Pisau tajam: Digunakan untuk memotong batang tanaman.
2. Plastik pembungkus: Diperlukan untuk melindungi daerah cangkokan.
3. Media cangkok: Bisa berupa sphagnum moss, serbuk gergaji, atau campuran antara kedua bahan tersebut.
4. Polybag atau pot: Digunakan untuk menanam tanaman hasil cangkokan.
5. Rhizopon atau hormon perangsang akar: Bersifat opsional, namun dapat mempercepat proses pembentukan akar.

Setelah semua alat dan bahan siap, kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap-tahap Mencangkok Aglaonema

1. Pilihlah batang yang akan dicangkok. Pilihlah batang yang sehat dan bebas dari penyakit. Pastikan juga batang tersebut memiliki ukuran yang cukup untuk dicangkok.
2. Buatlah potongan pada batang tersebut. Lakukan pemotongan pada batang aglaonema dengan menggunakan pisau yang tajam. Potongan tersebut harus mencapai lapisan cambium, yaitu lapisan yang menghubungkan kulit kayu dengan jaringan pembuluh.
3. Bungkuslah potongan batang dengan plastik pembungkus. Tujuannya adalah untuk melindungi daerah cangkokan agar tetap lembab dan tidak mengering.
4. Siapkan media cangkok yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan media tersebut sudah lembap, namun tidak terlalu basah.
5. Letakkan potongan batang yang telah dibungkus dengan plastik tadi ke dalam media cangkok. Pastikan potongan batang tersebut tertanam dengan cukup dalam agar dapat menempel dengan baik pada media cangkok.
6. Bungkuslah bagian media cangkok yang menempel pada batang dengan plastik pembungkus. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban media cangkok.
7. Tempatkan potongan batang yang telah dicangkok ke tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jika perlu, gunakan semacam kerangka atau tali untuk mengikat potongan batang agar tetap tegak.
8. Setelah beberapa minggu, periksalah keberhasilan cangkokan. Jika potongan batang sudah mengeluarkan akar dan tumbuh, maka artinya cangkokan berhasil.

Tips dan Trik Mencangkok Aglaonema

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda dalam mencangkok aglaonema:

1. Pilih batang yang sehat dan berukuran cukup besar untuk dicangkok.
2. Pastikan potongan batang sudah mencapai lapisan cambium agar proses cangkokan lebih berhasil.
3. Jangan terlalu sering membuka plastik pembungkus pada daerah cangkokan agar kelembaban tetap terjaga.
4. Letakkan potongan batang yang telah dicangkok di tempat yang lembab dan teduh agar proses pembentukan akar berjalan dengan baik.
5. Periksa secara berkala kelembaban media cangkok dan tambahkan air jika diperlukan.
6. Jika menggunakan hormon perangsang akar, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas serta menerapkan tips dan trik yang diberikan, Anda dapat mencangkok aglaonema dengan mudah dan berhasil. Dalam waktu tidak terlalu lama, Anda akan memiliki lebih banyak tanaman hias yang indah untuk menghiasi rumah atau kantor Anda. Selamat mencoba!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment