site stats Cara Mengecek Saldo Jakcard | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Mengecek Saldo Jakcard

Cara Mengecek Saldo Jakcard

Cara Mengecek Saldo Jakcard: Memudahkan Pengguna dalam Bertransaksi di Jakarta

Apakah Anda sering menggunakan transportasi umum di Jakarta? Jika iya, tentu Anda tidak asing dengan istilah Jakcard. Jakcard adalah kartu yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk berbagai layanan di Jakarta, seperti transportasi umum, parkir, dan juga untuk beberapa transaksi di pusat perbelanjaan. Namun, agar dapat terus menggunakan Jakcard dengan nyaman, tentu Anda perlu mengetahui saldo yang ada pada kartu tersebut. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mengecek saldo Jakcard secara mudah dan praktis.

1. Melalui Mesin EDC

Cara cek saldo JakCard - YouTube
Cara cek saldo JakCard – YouTube

Salah satu cara termudah untuk mengecek saldo Jakcard adalah melalui mesin Electronic Data Capture (EDC). Anda dapat menemukan mesin EDC ini di sejumlah lokasi, seperti Stasiun MRT, Stasiun KRL, atau halte TransJakarta. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengarahkan kartu Jakcard ke mesin EDC dan menunggu beberapa saat hingga saldo terbaca. Mesin EDC ini umumnya dilengkapi dengan layar yang menampilkan jumlah saldo yang ada pada kartu Jakcard Anda.

Meskipun cara ini cukup praktis, namun terkadang Anda harus mengantri dan menunggu giliran untuk menggunakan mesin EDC. Terlebih pada jam-jam sibuk, seperti pagi hari atau sore hari, antrian bisa sangat panjang. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup jika ingin menggunakan cara ini untuk mengecek saldo Jakcard.

2. Melalui Aplikasi Jaklingko

Selain melalui mesin EDC, Anda juga dapat mengecek saldo Jakcard menggunakan aplikasi Jaklingko. Jaklingko adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT Jakpro, perusahaan yang mengelola Jakcard. Anda dapat mengunduh aplikasi Jaklingko melalui Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Jaklingko, Anda perlu melakukan registrasi dan login menggunakan nomor handphone Anda.

Setelah berhasil login, Anda dapat langsung mengecek saldo Jakcard Anda dengan mudah. Aplikasi Jaklingko juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang memudahkan pengguna, seperti mengecek riwayat transaksi, menambah nilai saldo, atau melaporkan jika terjadi kehilangan kartu. Dengan menggunakan aplikasi Jaklingko, Anda tidak perlu repot-repot mencari mesin EDC dan dapat mengecek saldo Jakcard kapan saja dan di mana saja.

3. Melalui Website Jaklingko

Selain melalui aplikasi Jaklingko, PT Jakpro juga menyediakan layanan untuk mengecek saldo Jakcard melalui website resmi Jaklingko. Anda dapat mengunjungi website tersebut melalui browser di smartphone atau komputer Anda. Pada halaman utama website Jaklingko, Anda akan disuguhkan dengan tampilan yang user-friendly dan mudah dipahami.

Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan ini. Setelah berhasil registrasi, Anda dapat langsung login ke akun Anda dan mengecek saldo Jakcard dengan cepat. Selain mengecek saldo, di website Jaklingko Anda juga dapat melihat riwayat transaksi, melakukan top up saldo, dan mengajukan pengembalian saldo jika kartu Jakcard hilang atau rusak. Dengan adanya layanan melalui website Jaklingko, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi jika tidak ingin menambah banyak aplikasi di smartphone Anda.

Kesimpulan

Dengan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek saldo Jakcard Anda. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda sering menggunakan mesin EDC di stasiun atau halte, maka cara pertama bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda tidak ingin repot mencari mesin EDC dan ingin mengecek saldo kapan saja dan di mana saja, maka cara kedua dan ketiga lebih praktis untuk Anda. Jadi, pastikan Anda selalu mengetahui saldo Jakcard Anda agar dapat menggunakan layanan di Jakarta dengan lancar.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment