site stats Cara Menjinakan Cucak Ijo Tangkapan Hutan | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Menjinakan Cucak Ijo Tangkapan Hutan

Cara Menjinakan Cucak Ijo Tangkapan Hutan

Cara Menjinakan Cucak Ijo Tangkapan Hutan

Cucak ijo merupakan salah satu burung yang cukup populer di Indonesia. Selain suara kicauannya yang merdu, warna hijau pada tubuhnya juga membuatnya terlihat cantik dan menarik. Namun, tidak semua cucak ijo yang ada di pasaran merupakan hasil penangkaran. Beberapa di antaranya merupakan tangkapan dari hutan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki cucak ijo tangkapan hutan, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjinakannya.

Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo Bahan Hasil Tangkapan Hutan
Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo Bahan Hasil Tangkapan Hutan

1. Membuat Cucak Ijo Merasa Aman
Ketika cucak ijo masih berada di alam liar, mereka hidup bebas dan memiliki insting alami untuk melindungi diri. Oleh karena itu, setelah terjebak dan berpindah tangan ke pemilik baru, mereka akan merasa tidak aman dan cenderung stres. Untuk mengatasi hal ini, penting bagi Anda sebagai pemilik baru untuk memberikan lingkungan yang nyaman dan aman bagi burung tersebut. Pastikan kandang atau sangkar tempat cucak ijo dipelihara dalam kondisi yang baik. Berikan juga makanan dan minuman yang cukup agar burung merasa dijaga dan dirawat dengan baik.

2. Memberikan Pemahaman dan Penyadaran
Cucak ijo tangkapan hutan mungkin sudah terbiasa dengan kehidupan liar dan belum terlalu akrab dengan manusia. Oleh karena itu, mereka perlu diberikan pemahaman dan penyadaran bahwa manusia bukanlah ancaman bagi mereka. Anda dapat memulainya dengan berbicara lembut dan memperkenalkan diri kepada burung tersebut. Lakukan dengan penuh kehati-hatian dan jangan memaksa burung untuk terlalu dekat dengan Anda jika mereka masih merasa takut. Lakukanlah secara bertahap dan sabar.

3. Melatih Cucak Ijo secara Bertahap
Setelah burung merasa aman dan mulai mengenal Anda, langkah selanjutnya adalah melatih cucak ijo agar bisa berinteraksi dengan manusia. Anda dapat melatihnya dengan memberikan makanan secara langsung dari tangan Anda. Mulailah dengan memegang makanan di depan burung dan biarkan mereka datang untuk mengambilnya. Lakukan hal ini secara rutin agar burung semakin terbiasa dengan kehadiran Anda. Selain itu, Anda juga dapat melatih cucak ijo untuk keluar dari sangkar dan kembali ke dalamnya dengan memberikan rangsangan positif seperti memberikan makanan kesukaannya.

4. Memperkenalkan Cucak Ijo dengan Lingkungan Baru
Setelah cukup terlatih, saatnya untuk memperkenalkan cucak ijo dengan lingkungan yang baru. Anda dapat memindahkan burung dari sangkar ke dalam kandang yang lebih luas agar mereka bisa bergerak lebih bebas. Biarkan burung menjelajahi lingkungan barunya dan beri mereka waktu untuk beradaptasi. Pastikan juga untuk menambahkan peralatan yang diperlukan di dalam kandang, seperti tempat berjemur, mainan, dan tempat berlindung agar burung merasa nyaman dan terhibur.

5. Rutin Melakukan Perawatan dan Pemberian Makanan yang Seimbang
Untuk menjaga kesehatan cucak ijo, rutinlah membersihkan kandang atau sangkar setiap hari agar kebersihannya tetap terjaga. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan makanan yang seimbang dan bergizi kepada burung. Cucak ijo memiliki kecenderungan untuk overfeed, jadi bijaksanalah dalam memberikan porsi makanan. Berikan juga makanan tambahan seperti buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Itulah beberapa cara untuk menjinakkan cucak ijo tangkapan hutan. Ingatlah bahwa proses menjinakkan burung membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan pernah memaksakan burung untuk berinteraksi dengan Anda jika mereka belum siap. Berikan mereka waktu dan ruang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan perawatan dan pelatihan yang tepat, cucak ijo tangkapan hutan akan bisa menjadi burung peliharaan yang lincah dan akrab dengan pemiliknya.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment