site stats Cara Menonaktifkan Discord Auto Start | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Menonaktifkan Discord Auto Start

Cara Menonaktifkan Discord Auto Start

Cara Menonaktifkan Discord Auto Start

Pada era digital yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, aplikasi komunikasi seperti Discord menjadi salah satu alat yang penting dalam menjalin hubungan antar pengguna di dunia maya. Discord, yang banyak digunakan oleh para gamer, memberikan kemudahan dalam berkomunikasi secara real-time melalui fitur-fitur yang inovatif. Namun, tidak jarang pengguna merasa terganggu dengan Discord yang otomatis berjalan saat mereka menghidupkan komputer atau laptop mereka. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, tenang saja! Pada artikel ini, kami akan membagikan panduan lengkap tentang cara menonaktifkan Discord auto start.

Mengapa Anda Perlu Menonaktifkan Discord Auto Start?

Cara Mematikan Auto Start Discord di Windows - HiPoin
Cara Mematikan Auto Start Discord di Windows – HiPoin

Sebelum mempelajari cara menonaktifkan Discord auto start, penting bagi Anda untuk memahami mengapa hal ini perlu dilakukan. Saat menghidupkan komputer atau laptop Anda, beberapa aplikasi secara default akan berjalan secara otomatis. Ini termasuk Discord, yang memiliki opsi auto start yang diaktifkan secara default.

Bagi sebagian orang, Discord auto start mungkin tidak menjadi masalah karena mereka aktif menggunakan aplikasi ini setiap kali mereka menghidupkan komputer mereka. Namun, bagi sebagian lainnya, fitur ini bisa menjadi mengganggu karena aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna. Hal ini dapat memperlambat kinerja komputer dan menghabiskan daya baterai yang berdampak pada masa pakai laptop. Untuk itulah, menonaktifkan Discord auto start adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Cara Menonaktifkan Discord Auto Start di Windows

Jika Anda menggunakan Windows dan ingin menonaktifkan Discord auto start, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Discord dan Masuk ke Pengaturan Pengguna

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Discord dan masuk ke akun pengguna Anda. Setelah itu, klik ikon Gear di pojok kiri bawah untuk membuka menu pengaturan.

2. Pilih Appearance dan Klik Advanced

Setelah menu pengaturan terbuka, pilih tab Appearance di sebelah kiri layar. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Advanced. Klik pada opsi tersebut untuk melanjutkan.

3. Nonaktifkan Open Discord saat Mulai

Pada menu Advanced, Anda akan melihat opsi Open Discord saat mulai. Secara default, opsi ini diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, cukup geser tombol beralih ke posisi mati. Setelah itu, tutup aplikasi Discord Anda.

4. Nonaktifkan Discord dari Startup pada Task Manager

Selanjutnya, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard. Setelah jendela Task Manager terbuka, pilih tab Startup di bagian atas layar. Cari dan klik kanan pada entri Discord, kemudian pilih Disable dari menu yang muncul.

Cara Menonaktifkan Discord Auto Start di macOS

Bagi Anda yang menggunakan macOS, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan Discord auto start:

1. Buka Discord dan Masuk ke Pengaturan Pengguna

Pertama, buka aplikasi Discord dan masuk ke akun pengguna Anda. Setelah itu, klik pada ikon Gear di pojok kiri bawah untuk membuka menu pengaturan.

2. Pilih Windows Settings

Di menu pengaturan, pilih opsi Windows Settings. Hal ini akan membuka jendela pengaturan yang berisi opsi-opsi untuk mengonfigurasi Discord di macOS.

3. Nonaktifkan Open Discord saat Login ke macOS

Pada jendela pengaturan Windows Settings, Anda akan melihat opsi Open Discord saat login ke macOS. Secara default, opsi ini diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, cukup klik pada tombol beralih hingga berubah menjadi abu-abu.

4. Nonaktifkan Discord dari Startup pada System Preferences

Langkah terakhir adalah menghapus Discord dari daftar aplikasi yang berjalan saat startup di System Preferences. Pertama, buka System Preferences dengan mengklik ikon Apple di pojok kiri atas dan memilih opsi System Preferences. Setelah itu, pilih opsi Users & Groups dan pilih akun pengguna Anda. Di tab Login Items, cari dan pilih Discord dari daftar aplikasi yang tampil. Terakhir, klik pada ikon – di bawah daftar untuk menghapus Discord dari startup.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menonaktifkan Discord auto start dengan mudah baik di Windows maupun di macOS. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol kapan aplikasi ini berjalan dan menghindari gangguan tak diinginkan saat menghidupkan komputer atau laptop Anda.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment