site stats Cara Mirror Di Sketchup | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Mirror Di Sketchup

Cara Mirror Di Sketchup

Cara Mirror di SketchUp: Menggandakan Objek Dengan Mudah

Apakah Anda sering berurusan dengan desain arsitektur atau 3D? Jika ya, mungkin Anda sudah familiar dengan SketchUp, salah satu perangkat lunak model 3D yang paling populer di dunia. Salah satu fitur yang sangat berguna di SketchUp adalah kemampuannya untuk melakukan mirror, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai menggandakan objek secara simetris.

Cara Melakukan Mirror di SketchUp - Farmuf
Cara Melakukan Mirror di SketchUp – Farmuf

Mirror adalah proses menghasilkan objek salinan yang terbalik dari objek asli. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah meja yang ingin Anda duplikat di sisi yang berlawanan, Anda dapat menggunakan fitur mirror di SketchUp untuk dengan mudah menggandakan objek tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan mirror di SketchUp dengan langkah-langkah yang jelas dan terperinci.

Langkah pertama dalam menggunakan fitur mirror di SketchUp adalah memilih objek yang ingin Anda mirror. Anda dapat memilih objek dengan menggunakan alat Select atau dengan mengetuk objek secara langsung. Setelah objek dipilih, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya.

Setelah memilih objek, langkah berikutnya adalah mengaktifkan alat mirror. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon mirror di toolbar SketchUp atau dengan menggunakan pintasan keyboard M untuk mengaktifkan alat mirror. Setelah alat mirror aktif, Anda akan melihat kursor berbentuk anak panah dan garis-garis panduan yang menunjukkan sumbu mirror.

Sekarang, Anda perlu menentukan sumbu mirror, yaitu sumbu yang objek Anda akan dipantulkan. Anda dapat memilih sumbu mirror secara manual dengan mengklik titik di sekitar objek, atau Anda dapat menggunakan sumbu yang sudah ada di objek Anda. Misalnya, jika Anda ingin mirror objek di sepanjang sumbu Y, Anda dapat mengklik titik di sekitar objek yang sejajar dengan sumbu Y.

Setelah sumbu mirror ditentukan, Anda dapat menggambar garis mirror dengan mengklik dua titik di sekitar objek. Pastikan garis mirror berpotongan dengan sumbu mirror yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat mengklik ruang kosong di sekitar objek untuk menyimpan duplikat mirrored objek.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengubah orientasi objek secara manual setelah mirror. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat Rotate untuk memutar objek sejauh yang Anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan alat Move untuk memindahkan objek ke posisi yang diinginkan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengubah ukuran objek setelah mirror. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat Scale untuk memperbesar atau memperkecil objek sesuai kebutuhan.

Selain itu, perlu diingat bahwa mirror hanya menghasilkan objek salinan yang terbalik secara horizontal atau vertikal. Jika Anda ingin menghasilkan objek salinan yang terbalik secara diagonal, Anda perlu menggunakan fitur flip di SketchUp. Flip adalah proses menghasilkan objek salinan yang terbalik secara diagonal dari objek asli. Anda dapat menggunakan alat flip di toolbar SketchUp untuk dengan mudah menghasilkan objek salinan yang terbalik secara diagonal.

Dalam kesimpulannya, melakukan mirror di SketchUp adalah proses yang cukup sederhana dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menggandakan objek secara simetris dalam desain arsitektur atau 3D Anda. Mirror adalah salah satu fitur yang sangat berguna di SketchUp yang akan mempercepat dan menyederhanakan proses desain Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur mirror di SketchUp dan ciptakan desain yang lebih kreatif dan menarik!

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment