site stats Cara Reset Oil Change Vario 125 | Thegistsmag.com

Home | Tutorial | Cara Reset Oil Change Vario 125

Cara Reset Oil Change Vario 125

Cara Reset Oil Change Vario 125

Apakah Anda pemilik sepeda motor Honda Vario 125? Jika iya, Anda mungkin pernah mendengar mengenai reset oil change pada varian ini. Reset oil change adalah proses pengaturan ulang indikator pergantian oli pada sepeda motor. Pada umumnya, sepeda motor Vario 125 memiliki indikator yang akan memberi tahu Anda kapan saatnya mengganti oli mesin. Namun, terkadang kita tidak bisa mengganti oli pada waktu yang tepat, dan indikator tersebut tidak bisa diatur ulang secara otomatis. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara reset oil change Vario 125.

Menghilangkan tulisan “oil change” di motor Honda Vario ternyata
Menghilangkan tulisan “oil change” di motor Honda Vario ternyata

Sebelum kita membahas cara reset oil change Vario 125, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa mengganti oli pada sepeda motor sangat penting. Oli berperan sebagai pelumas pada mesin sepeda motor. Fungsinya adalah mengurangi gesekan antar komponen mesin yang bergerak dan meminimalisir terjadinya keausan pada mesin. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin dengan mengambil panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran. Seiring dengan penggunaan yang terus menerus, kualitas oli akan menurun dan menjadi kotor. Jika oli yang digunakan sudah kotor atau sudah melewati batas pemakainnya, maka akan terjadi penurunan kinerja mesin dan risiko kerusakan yang lebih besar.

Indikator pergantian oli pada sepeda motor Vario 125 akan memberi tahu Anda kapan saatnya mengganti oli. Namun, terkadang kita tidak bisa mengganti oli pada waktu yang ditentukan oleh indikator tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti kesibukan yang tinggi atau tidak adanya bengkel yang dapat Anda kunjungi. Jika Anda tidak bisa mengganti oli pada waktu yang ditentukan, indikator pergantian oli akan tetap berkedip dan mengingatkan Anda untuk menggantinya. Inilah saatnya Anda perlu melakukan reset oil change pada sepeda motor Vario 125.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan reset oil change pada sepeda motor Vario 125. Pertama, Anda dapat menggunakan tombol reset pada panel instrumen. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol reset selama beberapa detik hingga indikator pergantian oli berhenti berkedip. Namun, tidak semua sepeda motor Vario 125 dilengkapi dengan tombol reset pada panel instrumen. Jika sepeda motor Anda tidak memiliki tombol reset, Anda dapat menggunakan metode lainnya.

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada sepeda motor. Caranya adalah dengan menekan tombol pengatur pada panel instrumen sebanyak dua kali secara cepat, kemudian menekan tombol reset selama beberapa detik hingga indikator pergantian oli berhenti berkedip. Setelah itu, Anda dapat melepaskan tombol reset dan indikator tersebut akan kembali ke posisi awal.

Selain dua metode di atas, Anda juga dapat melakukan reset oil change dengan menggunakan aplikasi seluler. Honda telah mengembangkan aplikasi bernama Honda Matic Maintenance Reminder yang dapat Anda unduh melalui Play Store atau App Store. Aplikasi ini akan memberi tahu Anda kapan saatnya mengganti oli pada sepeda motor Anda dan juga memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan reset oil change. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang indikator pergantian oli pada sepeda motor Vario 125.

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai cara reset oil change pada sepeda motor Vario 125. Mengganti oli pada waktu yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja mesin sepeda motor Anda. Jika Anda tidak dapat mengganti oli pada waktu yang ditentukan oleh indikator pergantian oli, Anda dapat melakukan reset oil change menggunakan tombol reset pada panel instrumen, kombinasi tombol pada sepeda motor, atau menggunakan aplikasi seluler yang disediakan oleh Honda. Dengan melakukan reset oil change, Anda dapat mengatur ulang indikator pergantian oli pada sepeda motor Vario 125 Anda.

Bagikan:
Ionania

Hanya Blogger Kampung yang suka dengan dunia teknologi, sedang membangun media informasi sekala internasional.

Leave a Comment